TPID Cek Ketersediaan Barang, Bahan Pokok di Pacitan Diklaim Aman

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

9 April 2024 17:30 9 Apr 2024 17:30

Thumbnail TPID Cek Ketersediaan Barang, Bahan Pokok di Pacitan Diklaim Aman Watermark Ketik
TPID tengah melakukan pengecekan ketersediaan barang pada beberapa toko retail modern di Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur melakukan pengecekan dan ketersediaan barang kebutuhan bahan pokok menjelang perayaan Idulftri 1445 Hijriah, Selasa, (9/4/2024).

Regu gabungan yang terdiri dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pacitan bersama Dinas Perdagangan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pacitan itu melakukan pengecekan di beberapa lokasi.

Antara lain, Pasar Minulyo, Pasar Arjowinangun, Ritail Modern Indomaret di Jalan Pacitan-Trenggalek, dan di Arjowinangun, Kecamatan Pacitan.

Kemudian, dua Retail Modern Alfamart yang berada di lokasi serupa, disusul Toko Luwes Pacitan di Jalan Jendral Sudirman.

Foto Pasar Tradisional Pacitan turut menjadi titik pengecekan TPID Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Pasar Tradisional Pacitan turut menjadi titik pengecekan TPID Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Hasil pengecekan TPID Pacitan itu menunjukkan bahwa stok bahan pokok di wilayah Kabupaten Pacitan masih mencukupi kebutuhan masyarakat dan harga relatif stabil. Berikut beberapa contoh harga bahan pokok:

  • Beras Premium: Rp. 14.500,-/kg
  • Daging Sapi: Rp. 136.000,-/kg
  • Daging Ayam Ras: Rp. 40.000,-/kg
  • Telur Ayam Ras: Rp. 26.000,-/kg
  • Gula Pasir: Rp. 17.000,-/kg

"Berdasarkan pengecekan, tidak terjadi kelangkaan bahan pokok di wilayah Kabupaten Pacitan. Stok barang masih cukup dan harga stabil," jelas Kasat Reskrim AKP Untoro di lapangan, Selasa (9/4/2024).

Lebih lanjut, Untoro menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan melakukan pembelian berlebihan.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan berbelanja secukupnya," imbuhnya kepada ketik.co.id.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Perdagangan dan Ketahanan Pangan akan terus memantau situasi dan harga bahan pokok di pasaran. 

Pihaknya akan terus melakukan monitoring dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok di Kabupaten Pacitan.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat Kabupaten Pacitan dapat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan tenang dan nyaman. (*)

Tags:

harga bahan pokok TPID Pacitan pacitan Tim Pengendali Inflasi Daerah Idulfitri lebaran