Traffic Light Terlama di Indonesia: Lampu Merah 12 Menit, Lampu Hijau 97 Detik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

7 Januari 2023 04:38 7 Jan 2023 04:38

Thumbnail Traffic Light Terlama di Indonesia: Lampu Merah 12 Menit, Lampu Hijau 97 Detik Watermark Ketik
Ilustrasi lampu merah. (Foto : Google)

KETIK, JAKARTA – Belakangan ini ramai diperbincangkan oleh warganet mengenai lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia. Hasilnya, banyak orang yang terkejut. Ternyata ada lampu merah yang memiliki durasi cukup lama.

Mungkin bagi kita rata-rata lampu merah terlama adalah 100 detik. Namun ternyata ada beberapa yang jauh lebih lama dari itu. Ada beberapa lampu merah di Indonesia yang durasainya terbilang panjang. 

Saking lamanya, kamu bisa jadi bosan bahkan emosi menunggu lampu merah berubah hijau. Lantas, kira-kira berapa durasi lampu merah terlama di Indonesia dan di mana saja tempatnya? Ketahui uraiannya berikut ini.

1. Lampu merah Pingit Yogyakarta 

Terletak di kota Yogyakarta lampu merah di perempatan Pingit ini memiliki durasi 176 detik atau hampir sekitar 3 menit. Sementara, untuk lampu hijaunya hanya 50 detik. Bayangkan bagaimana rasanya terjebak di lampu merah ini harus membuat menahan bosan.

Karena durasi yang cukup lama ini membuat kawasan di sekitarnya rawan macet. Apalagi saat musim liburan.

2. Lampu merah Margorejo Surabaya

Jika tadi di Yogyakarta dengan durasi 176 detik menurutmu sudah cukup lama. Mungkin kamu belum pernah mencoba lampu merah di kawasan margorejo surabaya ini.

Disini, kamu harus sabar menunggu lampu hijau menyala sekitar 300 detik atau 5 menit. Bayangkan selama 5 menit harus berhenti di tengah cuaca Surabaya yang panas.

3. Lampu merah Kalibanten Semarang

Beberapa waktu lalu, muncul potret lampu merah Simpang Kalibanteng Semarang yang durasainya terbilang lama. Durasi lampu merah tersebut sama dengan Kota Surabaya, yakni 300 detik atau 5 menit. Alasan terkait kondisi lampu merah terlama di Indonesia ini karena terdapat enam jalur atau persimpangan yang bertemu pada titik yang sama.

4. Lampu merah Kiara Condong Bandung

Lampu merah simpang Kiaracondong-Soekarno Hatta yang ada di Kota Bandung menjadi salah satu traffic light dengan durasi paling lama di Indonesia. 

Saat melintasi kawasan ini, kamu harus berhenti di lampu merah selama 720 detik alias 12 menit. Sementara itu, tempo lampu hijaunya hanya 97 detik atau sekitar 1,37 menit.

Bayangkan 12 menit harus menunggu lampu hijau, dirimu harus menyiapkan kesabaran ekstra saat melintas di lampu merah ini. (*)

Tags:

Lampu merah Lalu lintas Kendaraan