Truk Angkut 562 Gas Elpiji Terbakar di Bluto Sumenep

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

26 Januari 2023 02:00 26 Jan 2023 02:00

Thumbnail Truk Angkut 562 Gas Elpiji Terbakar di Bluto Sumenep Watermark Ketik
Truk pengangkut elpiji terbakar di Bluto Sumenep. (Foto: Google)

KETIK, SUMENEP – Truk yang berisi 562 tabung elpiji , Rabu kemarin(25/1) terbakar di Desa Bluto, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Seluruh tabung terbakar si jago merah.

“Truk pengangkut elpiji itu terbakar saat dilakukan pengelasan jeruji besi bak truk,” kata Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.

Peristiwa nahas itu berawal ketika truk nopol M 8521 VD milik PT Multi Gas Sapeken Jaya yang dikemudikan Miftahol Arifin (33), warga Desa Mandala, Kecamatan Gapura, dengan kernet Rasid (31), warga Desa Aengbaja Kenek Kecamatan Bluto sedang melakukan pengisian gas elpiji di SPBE Mitra Madura Dharma Abadi Jl. Raya Sumenep -Pamekasan, Dusun Nang-Nangan Desa Saronggi Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Pengisian dilakukan untuk 562 tabung gas elpiji 3 kg.

Setelah selesai melakukan pengisian, truk berangkat menuju pangkalan ke Desa Lenteng Barat, Kecamatan Lenteng melewati jalur Bluto – Lenteng. Namun sebelum ke pangkalan, truk mampir ke bengkel las listrik, di Dusun Bara’ Lorong Desa Bluto.

Di bengkel ini, truk dilas pada besi kenalpot, kemudian dilanjutkan ke engsel pintu bak belakang sebelah kanan, dan pengelasan dilanjutkan ke besi jeruji bagian atas sebagai penutup dan pengaman tabung.

 “Saat mengerjakan pengelasan di bagian jeruji atas itu, tiba-tiba terdapat percikan api yang bersumber dari tabung di bagian tumpukan belakang sebelah kanan,” ungkap Widiarti.

Api pun dengan cepat membesar. Karena itu, sopir truk tersebut spontan memindahkan truk ke sebelah barat bengkel agar api tidak segera menjalar ke bengkel. Dalam waktu 1 jam berikutnya, seluruh tabung gas yang diangkut truk terbakar hebat. Empat mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api. “Setelah hampir 3 jam, api berhasil dipadamkan dan dipastikan tidak ada titik api yang masih menyala,” jelas Widiarti.

Setelah api padam, seluruh tabung gas elpiji diturunkan dari truk yang terbakar dan dipindah ke truk lain. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Tapi ada 1 sepeda motor Yamaha Mio biru nopol M 4544 V terkena imbas panas kebakaran karena dekat dengan lokasi kejadian.(*)

Tags:

Truk elpiji terbakar
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1