Tumbuhkan Kegemaran Anak Membaca, Ini Caranya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

6 September 2023 14:32 6 Sep 2023 14:32

Thumbnail Tumbuhkan Kegemaran Anak Membaca,  Ini Caranya Watermark Ketik
Ilustrasi orangtua yang membimbing anaknya agar suka membaca. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Membaca merupakan salah satu kebiasaan baik yang bisa diterapkan sejak dini. Membaca dapat memancing rasa ingin tahu anak sehingga anak  dengan mudahmenangkap dan memahami segala informasi yang mereka butuhkan. 

Selain itu menambah pengetahuan, kebiasaan membaca juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, melibatkan emosi pada karakter,.

Manfaat lainnya, meningkatkan daya ingat. oleh sebab itu orang tua memiliki peranan penting untuk menanamkan kebiasaan membaca pada anak-anaknya.

Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan kabiasaan membaca pada anak-anak sejak dini, simak penjelasannya.

1. Menyediakan Ruangan yang Nyaman

Menanamkan kebiasaan membaca pada anak-anak dapat dilakukam dengan menyediakan ruangan yang nyaman agar anak betah. Hal ini dikarenakan keadaan lingkungan berperan besar terhadap keinginan anak untuk bereksplorasi. 

Tidak perlu ruangan yang luas, cukup sediakan rak buku, sofa, atau kursi yang bisa dijangkau dengan mudah oleh anak. 

2. Rutin Membacakan Cerita pada Anak

Hal kedua yang bisa dilakukan adalah rutin membacakan buku pada anak sebelum tidur. Buku yamg dibaca dapat berupa buki cerita atau dongeng anak. Selain berguna menumbuhkan rasa ingin membaca, kebiasaan ini juga berguna untuk mempererat ikatan antara orang tua dan anak.

Membaca dengan ekspresif dan suara yang keras pun bisa memicu minat dan kesadaran mereka agar muncul rasa penasaran untuk bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi. 

3. Memberi Contoh Membaca Depan Anak

Orang tua adalah panutan pertama bagi anak yang setiap gerak geriknya akan ditiru oleh sang buah hati. Oleh sebab itu untuk menanamkan kegemaran menbaca, orang tua harus memberi contoh dengan rajin membaca di depan anak. Orang tua dapat menunjukkan jika membaca merupakan kebiasaan yang menarik, sehingga lama-kelamaan buah hati akan tertarik dan menirunya.

4. Memilihkan Buku Bacaan Anak

Setelah anak sudah mulai tertarik untuk membaca, orang tua dapat membantu anak memilih buku bacaannya. Buku yang bergambar tentunya sudah tidak diragukan lagi bisa menarik perhatian anak. Hal ini tentu saja akan membuat membaca menjadi lebih menyenangkan.

Buku bergambar dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Penting untuk mengetahui usia dan kemampuan membaca pada anak agar bisa mendukung kebiasaan membaca mereka. 

5. Memberikan Bacaan yang Bervariasi

Usia anak-anak adalah masa di mana buah hati gemar berekporasi hal-hal baru. Tentu akan sangat membosankan jika membaca buku yang sama. Oleh sebab itu orang tua harus dapat memberikan berbagai jenis buki bacaan yang berbeda. Dengan adanya variasi tersebut, pastinya anak akan berpikiran terbuka, menerima perbedaan, dan mencoba tantangan yang baru.(*)

Tombol Google News

Tags:

parenting membaca kegemaran orang tua Kebiasaan cerita dongeng Pengetahuan Pendidikan