Ugal-ugalan di Tol Sidoarjo-Porong, Bus Tentrem Terguling di KM 761+400

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Mustopa

4 Desember 2023 12:43 4 Des 2023 12:43

Thumbnail Ugal-ugalan di Tol Sidoarjo-Porong, Bus Tentrem Terguling di KM 761+400 Watermark Ketik
Petugas Sat PJR Polda Jatim saat menunjukkan bodi bus PO Tentrem yang terguling di tol usai menabrak truk tronton di Tol Sidoarjo-Porong. (Foto:AKP Puguh Winarno for ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Sebuah angkutan umum jenis bus dari PO. Tentrem terlibat kecelakaan parah usai menabrak bagian belakang truk tronton di ruas tol Sidoarjo-Porong kilometer 761.400. Kejadian yang mengakibatkan badan bus terguling ini terjadi pada Senin (4/12/2023) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kanit PJR Jatim 2 Sat PJR Ditlantas Polda Jatim AKP Puguh Winarno menjelaskan, dari data sementara sebanyak 7 orang penumpang mengalami luka-luka dengan rincian 6 orang luka ringan dan 1 orang luka berat.

“Korban jiwa nihil, sedangkan untuk yang luka berat, perkiraan awal mengalami patah tulang lengan kiri dan luka robek di kepala dan satu korba luka ringan sudah dibawa ke RS Bhayangkara Porong untuk perawatan,” ujar AKP Puguh saat dikonfirmasi.

Sedangkan untuk 5 korban luka ringan lainnya dibawa ke RS Delta Soerya Sidoarjo.

Lebih lanjut AKP Puguh menguraikan penyebab kecelakaan ini adalah aksi ugal-ugalan yang dilakukan sopir bus Tentrem. Diduga saat kejadian bus PO. Tentrem dengan nopol N 7697 UE yang dikemudikan Priyo Jadi Santoso warga RT 3 RW Ketandan, Kabupaten Malang ini melaju dengan kecepatan tinggi.

“Bus melaju di bahu jalan untuk mendahului kendaraan di depannya (salip melalui marka lurus),” lanjut AKP Puguh.

Nahas, setibanya di tempat kejadian perkara (TKP) tepatnya di km 761+400 tiba-tiba ada sebuah truk tronton dengan nopol B 9287 SYW yang berganti lajur, dari lajur kiri ke lajur bahu jalan. Pengemudi truk Joni Susanto warga Seketi Selatan, Balong Bendo Sidoarjo ini hendak melakukan pengecekan pada spakbor kendaraan.

“Pengemudi Bus sempat kaget dan membanting setir ke kanan, namun nahas Bus masih menabrak bagian belakang truk tronton sehingga badan bis terguling ke kanan,” kata polisi dengan tiga balok di pundaknya ini.

Diduga jarak yang tidak terlalu jauh dan kecepatan bua yang tinggi menggagalkan usah sopir Bus menghindari kecelakaan.

Berikut data korban kecelakaan dirawat di RS Delta Soerya :

1. Nurin Hidayati (LR)

2. Mayar (LR)

3. Siti Aminah (LR)

4. Imam Jaelani (LR)

5. M. Komarudin (LR)

Data korban yang dirawat di RS Bhayangkara Porong:

1. Budianto (LR)

2. Agustin (LB)

(*)

Tombol Google News

Tags:

kecelakaan Bus PO Tentrem Ugal-ugalan TOL Kecelakaan Tol kecelakaan porong PJR Polda Jatim SAT PJR jasa marga