Undika Terapkan Sistem Pembelajaran Baru

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

30 Agustus 2023 10:05 30 Agt 2023 10:05

Thumbnail Undika Terapkan Sistem Pembelajaran Baru Watermark Ketik
Model pembelajaran Hybrid dan Blended Learning diterapkan oleh Universitas Dinamika, Rabu (30/8/2023). (Foto: M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Universitas Dinamika (Undika) menerapkan sistem pembelajaran baru dengan model Hybrid dan Blended Learning. Hal ini dilakukan untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar serta menerapkan sistem belajar merdeka belajar kepada mahasiswa.

"Jadi model pembelajaran ini menggunakan aplikasi yang diberi nama my Brilian yamg diciptakan oleh dosen Undika untuk memudahkan mahasiswa dalam bekerja atau yang sedang tidak bisa datang ke kampus," ucap Rektor Universitas Dinamika, Prof dr. Budi Jatmiko, M.Pd, Rabu (30/8/2023).

Prof Budi menjelaskan, metode pembelajaran ini sebagai pendukung  program merdeka belajar. "Dalam aplikasi ini mahasiswa ini bisa melihat jadwal kuliah mereka apa pembelajaran melalui aplikasi apa pembelajaran mandiri atau memang ada dosen yang menerangkan," ucapnya.

Sistem pembelajaran Undika Futuristic Learning (UFL) ini akan bisa dioptimalkan juga oleh perguruan tinggi lainya terlebih bagi yang memiliki jumlah mahasiswa puluhan ribu.

"Karena dengan mahasiswa belajar dari rumah, dari kantor, atau dari mana saja, mereka tidak harus datang ke kampus, sehingga akan mengurangi pergerakan kendaraan di jalan raya ereduksi emisi dan menambah konsentrasi udara baik di dan akan membantu Surabaya," ujar Budi.

Dalam metode pembelajaran itu, Universitas Dinamika Surabaya sudah menyiapkan 7 kelas yang menerapkan Undika Futuristic Learning (UFL) yang diterapkan di Lantai 4 Undika. Dalam metode ini, mahasiswa bisa mengunduh materi 16 pertamuan langsung di dalam aplikasi My Brilian.

Dalam aplikasi itu, mahasiswa bisa melihat materi perkuliahan sebelumnya yang sudah dilakukan oleh dosen. "Sehingga mahasiswa itu bisa melihat materi sebelumnya yang mereka tidak ikuti," ucap Ketua tim pengembangan UFL Vivine Nurcahyawanti, M.Kom., OCP,.

Vivine mengatakan aplikasi my brilian ini sangat mudah diakses oleh mahasiswa melalui gawai lainnya. "Karena aplikasi ini berbasis web sehingga bisa diakses melalui laptop maupun HP," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Dinamika Undika