Unesa Berhasil Pertahankan Peringkat The Impact Ranking di Posisi 601-800 Dunia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

17 Juni 2024 06:30 17 Jun 2024 06:30

Thumbnail Unesa Berhasil Pertahankan Peringkat The Impact Ranking di Posisi 601-800 Dunia Watermark Ketik
Gedung Rektorat Unesa. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil mempertahankan posisinya dalam pemeringkatan International Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2024 berdasarkan hasil pengumuman yang disampaikan dalam rangkaian kegiatan Global Sustainable Development Congress di Bangkok, Thailand pada 11-13 Juni 2024. 

Unesa berada di peringkat  601-800 dunia dari 1.906 perguruan tinggi dari 108 negara di dunia serta peringkat 15 nasional. THE Impact Ranking merupakan lembaga pemeringkatan yang mengukur kinerja universitas berdasarkan keunggulan komprehensif dalam berkontribusinya di berbagai Sustainable Development Goals (SDGs) PBB.

Terkait capaian tersebut, Dr. Bambang Sigit Widodo, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Pemeringkatan, Publikasi, dan Science Center menyatakan bahwa ini masih raihan positif bagi Unesa. Terutama dikarenakan tahun ini jumlah peserta meningkat baik dari Indonesia maupun seluruh dunia.

“Kini banyak perguruan tinggi mencoba mengikuti ajang ini jadi tingkat keketatannya jauh lebih tinggi. Saya kira mempertahankan selalu lebih sulit sehingga atas capaian ini rasanya cukup positif,” kata Bambang.

Keberhasilan mempertahankan peringkat juga terjadi dalam beberapa detail aspek. Seperti tahun lalu, Unesa berpartisipasi pada 9 dari 17 SDGs yaitu SDG-1 (no poverty), SDG-3 (good health and well-being), SDG-4 (quality education). 

Selain itu juga terdapat SDG-5 (gender equality), SDG-8 (decent work and economic growth), SDG-10 (reduced inequalities), SDG-13 (climate action), SDG-16 (peace, justice and strong institutions), dan SDG-17 (partnerships for the goals). Catatan terbaik diraih Unesa terletak pada kesetaraan gender (SDG-5).

Prof. Dr. Nadi Suprapto, Ph.D., Direktur Inovasi, Pemeringkatan dan Publikasi Ilmiah menuturkan untuk SDG 5 Unesa masih menduduki peringkat 5 nasional. Hal ini tentu menegaskan kualitas keterlibatan dan pemerataan peran perempuan di Unesa sangat diperhatikan.

"Seperti yang kita tahu di Unesa, para dosen, tendik, dan mahasiswi tidak hanya banyak tetapi produktif berkarya. Ini jadi kekuatan kita dalam indikator SDG-5 ini,” tuturnya.

Sementara itu Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, Rektor Unesa ingin capaian ini menjadi pelecut untuk terus semakin menguatkan keterlibatan dan pengaruh kampus ‘Rumah Para Juara’ di tingkat internasional.

Rektor yang turut hadir dalam agenda THE GSDC 2024 tersebut berharap civitas academika Unesa semakin memiliki kiprah dan pengaruh di kancah internasional. 

"Para dosen akan kita dorong untuk berkolaborasi melakukan penelitian atau pembelajaran dengan kampus dan peneliti dari seluruh dunia," tegasnya.

"Juga mahasiswa kita akan carikan jaringan untuk pengalaman internasional," imbuhnya.

Rektor yang akrab disapa Cak Hasan tersebut mengajak segenap civitas bekerja keras untuk menyiapkan diri dalam peningkatan keterlibatan Unesa di tingkat internasional.

Ia meminta para dosen menyusun berbagai alternatif penelitian dan aktivitas akademik agar bisa menangkap peluang kolaborasi dengan perguruan tinggi dari seluruh dunia. 

“Semua harus menyiapkan diri. Kami akan bantu upayakan terus membuka jaringan internasional," pungkasnya.(*)

Tags:

The Impact Ranking Peringkat International Unesa Pendidikan Cak Hasan penelitian ilmiah