Unesa Jadi PTN Penerima Mahasiswa Baru Jalur SNBP Terbanyak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

27 Maret 2024 05:19 27 Mar 2024 05:19

Thumbnail Unesa Jadi PTN Penerima Mahasiswa Baru Jalur SNBP Terbanyak Watermark Ketik
Gedung rektorat Unesa. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 diumumkan panitia SNPMB 2024 secara daring pada Selasa, 26 Maret 2024. Pada jalur tersebut, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menerima sebanyak 4.733 calon mahasiswa baru (camaba) dari total 26.037 pendaftar.

Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengatakan setiap tahunnya Unesa selalu menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit para pelajar untuk melanjutkan pendidikan mereka. 

"Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar di Unesa yang selalu naik dari tahun ke tahun," katanya, Selasa (26/3/2024).

Pria yang akrab disapa Cak Hasan ini menambahkan, dengan total 26.037 pendaftar, Unesa menduduki peringkat 11 se-Indonesia sebagai PTN dengan jumlah pendaftar terbanyak.

Angka ini merupakan suatu pencapaian tersendiri karena membuktikan bahwa Unesa merupakan salah satu PTN yang diminati banyak pelajar untuk menuntut ilmu.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.733 pendaftar dinyatakan lolos di UNESA. Angka tersebut memposisikan Unesa sebagai penerima mahasiswa baru terbanyak jalur SNBP 2024 disusul Universitas Brawijaya (UB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB)," tambahnya.

Lebih lanjut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Prof. Dr. Madlazim, M.Si., menjelaskan, jumlah mahasiswa yang lolos jalur nasional ini berdasarkan kuota penerimaan Unesa jalur SNBP sebesar 28% dari keseluruhan daya tampung. 

"Daya tampung Unesa tahun 2024 mahasiswa baru ini yaitu 28% persen jalur SNBP, 44% jalur UTBK-SNBT, dan 28% jalur mandiri. Total keseluruhan daya tampung yaitu 17.130 mahasiswa" jelasnya.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, Unesa, Dr. Sukarmin, M.Pd merinci, prodi yang menjadi favorit atau dengan jumlah pendaftar tertinggi di UNESA jalur SNBP 2024 yaitu S-1 Manajemen, S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S-1 Psikologi, S-1  Akuntansi, S-1 Ilmu Komunikasi, S-1 Ilmu hukum, S-1 Bisnis Digital, S-1 Teknologi Informatika, S-1 Ilmu Administrasi Negara, dan S-1 Gizi. 

Peserta yang sudah lolos diimbau untuk segera melakukan daftar ulang di laman https://sipenmaru.unesa.ac.id/simreg. Perlu diingat bahwa peserta yang sudah dinyatakan lolos SNBP, tidak bisa mendaftar jalur SNBT dan Mandiri hingga tiga tahun ke depan.

"Adapun peserta yang belum lolos dapat mencoba jalur SNBT dan Mandiri dengan kuota yang jauh lebih banyak. Segera siapkan diri dan mendaftar SNBT dan Mandiri di UNESA," pungkas Sukarmin.(*)

Tags:

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru Snbp Prestasi Unesa
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1