Uniknya Danau Labuan Cermin di Berau Kaltim, Punya Rasa Tawar dan Asin

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

22 Mei 2024 23:15 22 Mei 2024 23:15

Thumbnail Uniknya Danau Labuan Cermin di Berau Kaltim, Punya Rasa Tawar dan Asin Watermark Ketik
Danau Labuan Cermin di Berau Kaltim, punya rasa tawar dan asin (Foto: Pesona Indonesia)

KETIK, BERAU – Danau Labuan Cermin yang mempunyai dua rasa, tawar di bagian atas dan asin dibagian bawah, berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 

Danau ini memiliki warna yang sangat bening, tak heran jika orang menyebutnya sebagai danau yang bening seperti cermin. Warnanya air di bagian tengah danau yang biru kehijauan. 

Sedangkan di tepian, kita dapat melihat gradasi warna yang unik sekaligus indah, yakni gradasi dari biru tua, biru muda, putih dan hijau.

Keunikan lainnya dari Danau Labuan Cermin adalah karena danau ini memiliki dua rasa, yaitu tawar di bagian atasnya dan asin di bagian bawah. 

Kedua rasa pada danau tersebut tidaklah menyatu, keduanya seperti dipisahkan oleh sebuah membran di mana air yang memilik rasa tawar berada di bagian atas dan air yang memiliki rasa asin berada di bagian bawah. 

Kalau hanya melihat dari atas ya danau ini seolah seperti danau yang biasa saja sampai kita menceburkan diri ke dalamnya dan mencicipi airnya.

Danau Labuan cermin mempunyai luas sekitar 2 hektar dengan kedalaman 4-5 meter. Kita bisa mulai merasakan rasa air asin pada kedalaman 2,5 meter. Air di bagian atas danau ini cenderung lebih dingin dibandingkan air yang berada di bagian bawah. 

Foto Danau Labuan Cermin di Berau Kaltim dari atas udara (Foto: Pesona Indonesia)Danau Labuan Cermin di Berau Kaltim dari atas udara (Foto: Pesona Indonesia)

Perbedaan rasa pada danau ini tidak serta merta membuat Danau tersebut tidak ada penghuninya, uniknya di sana tetap ada ikan-ikan yang berlalu lalang.

Danau Labuan Cermin memiliki kedalaman sekitar 4-5 meter dan merupakan salah satu obyek wisata air yang menyenangkan. 

Karena di sini kita bisa berenang dan menyelami keindahan alam bawahnya bersama ikan-ikan kecil. Kita bisa berenang dan menyelam dengan peralatan pribadi atau bisa menyewa di beberapa tempat yang ada di sekitar danau tersebut. 

Danau yang dikelilingi oleh hutan ini memiliki fasilitas seperti toilet umum dan tempat untuk berganti pakaian. Di pinggiran danau, terdapat kayu-kayu untuk duduk-duduk sambil mencelupkan kaki ke danau dan di sekitar Danau Labuan Cermin udah banyak penginapan

Cukup lama ini tidak beroperasi selama pandemi, saat ini mulai kembali ramai dikunjungi. Terkait tarif retribusi, pihaknya telah beberapa kali berdiskusi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bidukbiduk. 

Namun, mereka masih menggodok harga yang tepat. Berdasarkan revisi perda Retribusi, wisatawan domestik dikenai pajak sebesar Rp 10 ribu per orang. 

Sedangkan, wisatawan mancanegara sebesar Rp 20 ribu per orang. Pengelola Labuan Cermin tinggal menyesuaikan saja dengan tarif yang ingin diterapkan.

Letak danau Labuan Cermin jauh dari Bandara Kalimarau, Kota Tanjung Redep kita dapat menggunakan jasa Travel untuk langsung menuju lokasi Danau Labuan Cermin. 

Perjalanan dari bandara menuju lokasi memakan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan. Atau dari Samarinda dengan lama perjalanan hampir 11 jam. Seperti yang lainnya, posisi Labuan Cermin sudah terdata di Google Maps.

Tombol Google News

Tags:

Danau Labuan Cermin Berau kaltim RASA Tawar Asin