UNP Kediri Gelar Pelatihan Aplikasi Akuntansi Mobile untuk Usaha Mikro

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Mustopa

23 Agustus 2024 11:55 23 Agt 2024 11:55

Thumbnail UNP Kediri Gelar Pelatihan Aplikasi Akuntansi Mobile untuk Usaha Mikro Watermark Ketik
UNP Kediri Gelar Pelatihan Aplikasi Akuntansi Mobile untuk Usaha Mikro di Kelurahan Ngronggo, Jumat, 23 Agustus 2024. (Foto : Siswo for Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Tim Abdimas Akuntansi dari Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri menggelar pelatihan dan Aplikasi Akuntansi Mobile (AAM) untuk anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sakti Kota Kediri pada 20-22 Agustus 2024.

Pelatihan ini bertempat di Balai Kelurahan Nggronggo, dan diikuti sekitar 50 pelaku usaha mikro.

Ketua tim pengabdian masyarakat, Linawati mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan kualitas laporan keuangan usaha mikro melalui pemanfaatan teknologi akuntansi berbasis mobile. 

"Acara ini diselenggarakan dengan dukungan hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," katanya, Jumat, 23 Agustus 2024.

Selama pelatihan, peserta memperoleh materi mengenai pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan pada hari pertama. Mereka diperkenalkan pada siklus akuntansi, proses pencatatan, dan pembuatan laporan keuangan.

Pada hari kedua, peserta mempraktikkan penerapan teknologi informasi melalui AAM, yang dapat diakses via ponsel maupun laptop.

"Mahasiswa UNP Kediri juga turut mendampingi peserta selama praktik, memberikan bantuan teknis jika diperlukan," terangnya. 

Linawati menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari diseminasi ilmu perguruan tinggi ke masyarakat. Dia berharap AAM dapat meningkatkan efisiensi operasional, pengelolaan keuangan, dan penyajian laporan keuangan, sehingga pelaku usaha mikro dapat lebih kompetitif dan bersaing di pasar yang semakin ketat.

"Kami berharap pelatihan ini mempermudah pencatatan akuntansi dan meningkatkan transparansi serta kualitas laporan keuangan usaha mikro," harapnya. 

Sementara itu Ketua KSP Sakti, Sigit Puji, mengapresiasi kemitraan ini. Dia menyatakan bahwa KSP Sakti memiliki agenda pendidikan tahunan untuk anggota, dan kemitraan dengan UNP Kediri sangat membantu dalam meningkatkan kompetensi anggota dalam pembukuan dan akuntansi. 

"Memang sangat membantu untuk meningkatkan kompetensi anggota dibidang pembukuan atau akuntansi," ungkapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UNP kediri Pelatihan