Untuk Menghilangkan Rasa Pahit Pada Sayur Genjer, Ikuti Langkah Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

9 Januari 2023 11:03 9 Jan 2023 11:03

Thumbnail Untuk Menghilangkan Rasa Pahit Pada Sayur Genjer, Ikuti Langkah Ini Watermark Ketik
Sayur Genjer ( Foto : Google )

KETIK, SURABAYA – Sayur genjer termasuk jenis tumbuhan paku. Biasanya dijadikan tumis. Di balik kelezatannya ternyata mengolah sayur ini bisa dibilang susah-susah gampang. Hal ini lantaran sayur ini memiliki rasa pahit yang cukup pekat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit yang ada pada sayur genjer. Cara ini terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan dirumah.

1. Rendam dengan air garam

Salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan rasa pahit pada sayur genjer adalah dengan merendamnya pada larutan air garam. Caranya, rendam sayur genjer selama 10 menit, setelah itu remas-remas dan bilas dengan air mengalir sampai bersih.

2. Direbus dengan air garam

Selain direndam kita juga dapat merebus sayur genjer dengan air garam. Potong-potong daun genjer, kemudian rebus dengan air yang diberi sedikit garam sampai mendidih. Saat genjer layu, angkat dan masukkan dalam air dingin agar warna hijaunya tetap tampak segar.

Foto Olahan sayur genjer (foto : google )Olahan sayur genjer (Foto: Google)

3. Gunakan bumbu dengan cita rasa pedas

Olahan genjer bisa terasa lebih nikmat bila bercita rasa pedas. Buat kamu penyuka masakan pedas, membuat olahan genjer dengan racikan bumbu pedas atau cabai yang cukup banyak bisa jadi pilihan yang cukup direkomendasikan. Rasa pahit yang masih tersisa dari genjer bisa menyatu dengan rasa pedas yang dapat menambah kenikmatannya.

4. Menghilangkan bagian sayur yang terlalu tua

Sebelum mengolah sayur genjer kamu dapat memetik bagian daun, bunga, dan batang genjer yang masih muda, lalu membuang bagian yang sudah tua. Sayur genjer yang terlalu tua punya rasa pahit yang lebih pahit.(*)

Tags:

sayur makanan Genjer Tanaman