Unusa Ditunjuk Kemenag untuk Penyediaan Air Bersih di 100 Pondok Pesantren

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

11 Desember 2023 14:48 11 Des 2023 14:48

Thumbnail Unusa Ditunjuk Kemenag untuk Penyediaan Air Bersih di 100 Pondok Pesantren Watermark Ketik
Rektor Unusa, Prof Achmad Jazidie, Senin (11/12/2023). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ditunjuk Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur untuk mengimplementasikan penyediaan air bersih di pondok pesantren (ponpes) di seluruh Indonesia.

Unusa menargetkan 100 pondok pesantren memperoleh air bersih dengan memasang instalasi penyediaan air bersih. Mengingat, ketersediaan air bersih di ponpes masih sangat kurang.

"Alhamdulillah, Unusa satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mewujudkan penyediaan air bersih di pondok pesantren,” ujar Rektor Unusa Prof Achmad Jazidie, Senin (11/12/2023).

Lewat LPPM Unusa,  Jazidie, menjelaskan penyediaan air bersih di ponpes-ponpes tersebut tidak dilakukan dengan cara mengebor. Namun, lebih memanfaatkan air sungai terdekat di kawasan pesantren untuk kemudian diolah.

"Unusa memiliki instalasi engineering-nya. Bahkan, proses instalasi penyediaan air di ponpes levelnya sampai tingkat bisa diminum. Jadi, ada levelnya untuk mandi sampai diminum,” ungkap Jazidie.

Dalam program ini, Unusa tak hanya sebagai implementator, namun juga menjadi pusat penelitian air bersih. Itu bisa dilihat dari kerjasama yang terjalin antara Unusa dengan National University of Singapore.

Penelitiannya, mulai dari bagaimana pengolahan limbah air jadi air bersih. Instalasinya lebih praktis.

“Termasuk bahan yang digunakan berbentuk powder (serbuk) dalam kemasan sachet sebagai bahan untuk menjernihkannya. Jadi, sekarang tidak perlu ada instalasi rumit,” jelasnya.

Implementasi air bersih, lanjutnya, menjadi langkah nyata Unusa untuk bangsa usai meraih predikat Unggul. Unusa ditunjuk pemerintah sebagai implementator.

"Targetnya sampai pada level air minum. Nanti, kita presentasi untuk menyediakan pemasangan air bersih di pesantren,” ungkapnya.

Instalasi penyediaan air bersih di ponpes ini memerlukan biaya sekitar Rp 50-100 juta. Mulai dari penyediaan air bersih untuk mandi hingga bisa diminum.

“Saat ini yang sudah diterapkan di ponpes di Madura. Yang pilot project di Madura sudah berhasil,” tandasnya. (*)

Tags:

Penyediaan air bersih Unusa menyediakan air bersih untuk ponpes Pondok pesantren ponpes Pesantren NU NAHDLATUL ULAMA