Upacara Pembukaan Meriah dan Bertabur Bintang, Porprov Jatim VIII 2023 Resmi Dimulai

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: M. Rifat

10 September 2023 03:32 10 Sep 2023 03:32

Thumbnail Upacara Pembukaan Meriah dan Bertabur Bintang, Porprov Jatim VIII 2023 Resmi Dimulai Watermark Ketik
Drumband Gita Jala Taruna AAL unjuk gigi di hadapan ribuan masyarakat saat Opening Ceremony Porprov VIII tahun 2023, (9/9/2023). (Foto: Yudha Fury/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII tahun 2023 Jawa Timur secara resmi telah dibuka. Upacara pembukaan yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Jawa Timur ini digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (9/9/2023) malam.

Selain Padi Reborn, beberapa artis pendukung juga memeriahkan turnamen olahraga rutin gelaran pemprov bersama KONI Jatim itu, seperti penampilan Elkiswah Band, Sodiq New Monata, drum band, tarian kolosal Sidoarjo Gemilang, Duty Oris, serta defile bendera, maskot, dan kontingen atlet kabupaten/kota peserta.

Sidoarjo tak sendirian duduk sebagai tuan rumah Porprov VIII tahun 2023, lantaran terdapat 3 darah lainnya, yakni Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang. Sebanyak 54 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan mulai tanggal 9 September hingga 16 September 2023.

Foto Forkopimda Jatim beserta pimpinan daerah tuan rumah penyelenggara Porprov VIII tahun 2023 gaungkan semangat dan kekompakan lewat fotoForkopimda Jatim beserta pimpinan daerah tuan rumah penyelenggara Porprov VIII tahun 2023 gaungkan semangat dan kekompakan. (Foto: Yudha/Ketik.co.id)

Pembukaan event dua tahunan setingkat provinsi ini dibuka dengan penampilan energik dari grup Drumband Gita Jala Taruna AAL, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan El Kiswah Band dengan membawakan lagu jingle Porprov VIII tahun 2023 yang berjudul “Laga”.

Selain itu mata masyarakat yang datang ke Opening Ceremony Porprov VIII tahun 2023 ini juga dimanjakan dengan suguhan indah tari kolosal sebanyak 800 siswa-siswi ke Kabupaten Sidoarjo yang dilengkapi dengan taru Banjar Kemuning asal daerah Sedati.

Usai tari kolosal, dilanjutkan dengan parade defile kontingen Kabupaten/Kota yang akan berebut menjadi yang terbaik untuk setiap cabor yang dipertandingkan. Acaranya pun diakhir dengan menyalakan Api Porprov VIII tahun 2023 yang sudah melewati 4 Kabupaten/Kota penyelenggara.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Timur M Nabil sangat terpukau dengan suguhan megah Opening Ceremony Porprov VIII tahun 2023. Terlebih event ini menjadi salah satu event paling populer di Jawa Timur.

“Porprov VIII tahun 2023 ini akan melombakan 53 cabor yang diikuti oleh 12.266 atlet dan 4.720 official, digelar di empat wilayah yakni Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang,” jelas Nabil dalam sambutannya, Sabtu (9/9/2023).

Ia berharap agar Porprov VIII ini mampu mencetak atlet berprestasi, tak hanya tingkat provinsi namun hingga tingkat dunia. “Salah satu atlet angkat besi kebanggaan Jawa Timur, Eko Yuli akan mewakili Indonesia di kancah Internasional,” imbuhnya.

Sebagai tuan rumah, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta, baik atlet, official maupun keluarganya. Ia berharap agar gelaran Porprov kali ini bisa memunculkan atlet yang mampu membanggakan daerahnya masing masing.

“Dan jangan lupa semua kontingen yang datang dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur, usai mengikuti event, kami berharap agar belanja hasil UMKM di Sidoarjo,” ujarnya.

Sementara itu ditemui usai upacara pembukaan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk memeriahkan Porprov VIII tahun 2023.

"Ini adalah pesta olahraga kita Jatim, jadi mari sukseskan setiap pertandingan, jangan lupa kita sukseskan juga ekonominya, wisatanya baik yang di Sidoarjo, Mojokerto maupun Jombang," ujarnya.

Khofifah juga berpesan agar setiap pertandingan yang digelar tetap menjunjung tinggi nilai nilai sportivitas, sehingga mulai dari atlet, official hingga atlet memiliki semangat yang sama. “Semangat untuk mencapai prestasi sebaik mungkin,” pungkasnya.(*)

Tags:

Porprov Jatim 2023 sidoarjo Jombang Mojokerto jatim Khofifah Indar Parawansa koni si Udeng UMKM Gelora Delta Sidoarjo Padi Reborn New Monata