Update Terkini Persiapan Jambore Jatim 2023 di Bumi Perkemahan Tuban

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: Irwansyah

2 Oktober 2023 07:08 2 Okt 2023 07:08

Thumbnail Update Terkini Persiapan Jambore Jatim 2023 di Bumi Perkemahan Tuban Watermark Ketik
Kiagus Firdaus menyemangati peserta Jambore Jatim 2023 saat latihan jelang pembukaan di Buper Ngawun Abilowo Tuban. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Jambore Jawa Timur tahun 2023 digelar di Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban mulai Senin hingga Sabtu (2-7/10/2023). 

Berdasarkan laporan jurnalis Ketik.co.id di lokasi, hampir seluruh kontingen dari masing-masing Kwarcab se-Jawa Timur tiba di lokasi perkemahan.

Foto Panggung utama Jambore Jatim 2023.Panggung utama Jambore Jatim 2023.

Mereka langsung mendirikan tenda dan menyiapkan kegiatan selama sepekan di Buper Ngawun Abilowo Tuban. 

Tenda BPBD, Dapur Umur, posko kesehatan, tenda sekretariat panitia, hingga pembasahan lahan telah dilakukan. Ratusan UMKM berjejeran di sekitar lokasi Jambore. 

Progres 85 Persen

"Jambore Jatim 2023 diikuti 1.900an peserta. 75 persen persen peserta sudah masuk dan kesiapan acara sudah 85 persen," kata Sekretaris Kwarda Pramuka Jatim Bambang Chemi, Senin (2/10/2023). 

Ia berharap, sebelum sore seluruh peserta sudah memasuki dan persiapan di lokasi acara. Sebab, kata dia, panitia menyiapkan gladi bersih untuk seluruh peserta. 

Pastikan Acara Lancar

Bambang menyebutkan bahwa Jambore Daerah tahun ini telah disiapkan jauh-jauh hari agar acara berjalan lancar. Pihaknya memastikan hal-hal yang menjadi evaluasi telah diantisipasi sebaik mungkin.

"Kita sudah antisipasi jangan sampai Jambore Daerah seperti Raimuna Naisonal dan Jambore Dunia. Jangan sampai terulang," tegasnya. 

Para peserta juga membawa bahan makanan sendiri. Panitia bekerja sama dengan pihak terkait seperti Bank Jatim untuk membantu tambahan bahan makanan untuk peserta, termasuk kaos acara. 

Jambore Harus Happy

Indah Ruhana Binti, Pimpinan Kontingen Kwarcab Lamongan, mengaku tiba di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB. Dia membawa 3 regu putra dan 3 regu putri dengan total 48 peserta. 

"Jambore ini kan semacam pesta ya harus happy dan menyenangkan. Bikin happy dan jangan sampai tertekan. Ini adalah pestanya penggalang," ungkapnya. 

Foto Petugas sedang melakukan pembasahan lahan area Jambore Jatim 2023 di Buper Ngawun Abilowo Tuban. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)Petugas sedang melakukan pembasahan lahan area Jambore Jatim 2023 di Buper Ngawun Abilowo Tuban. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

Indah berharap Jambore Daerah selama hampir sepekan dapat memberikan kesan bagi peserta. Momen ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik bagi para peserta untuk meningkatkan kapasitas, relasi dan refreshing. 

Prinsip Jambore Jatim 2023

Jambore Jatim 2023 dilaksanakan dengan prinsi Safety, Security, Healthy. Program Jambore Jatim 2023 dikembangkan dengan kegiatan yang bersifat rekreatif, edukatif dan produktif. 

Rekreatif artinya membangun suasana yang menyenangkan. Edukatif adalah mengedepankan koridor pendidikan. Produktif adalah menghasilkan karya nyata. 

Jambore Jatim 2023 merupakan perkemahan akbar Pramuka Penggalang se-Jawa Timur. Tujuannya adalah membentuk perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, mengamalkan kode kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka, serta mengembangkan Pramuka Penggalang Jatim sebagai generasi emas Bangsa Indonesia yang berkarakter Pancasila untuk dapat menjadi pribadi yang produktif. 

Tema Jambore Jatim 2023 adalah Produktif, yaitu Patriotik, Religius, Edukatif dan Inovatif. 

Jambore Jatim 2023 akan dibuka langsung oleh Kamabida Pramuka Jatim Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur) dan Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil serta Kamabicab Pramuka Tuban Aditya Halindra Faridzky (Bupati Tuban). 

Malam pembukaan akan dimeriahkan oleh Cak Percil dan Guyon Maton, Andra Kharisma dan Ken Arok Band. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jambore Jatim 2023 Jambore Jatim Kwarda Pramuka Jatim Jambore Daerah Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo