Usung Semangat Hari Pahlawan, FISIP Universitas Brawijaya Canangkan Zona Integritas

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

10 November 2023 11:00 10 Nov 2023 11:00

Thumbnail Usung Semangat Hari Pahlawan, FISIP Universitas Brawijaya Canangkan Zona Integritas Watermark Ketik
Dekan FISIP usai menandatangani paktah integritas atas pencanangan sebagai Zona Integritas. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) telah mencanangkan sebagai Zona Integritas. Pencanangan tersebut bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Jumat (10/11/2023).

Dekan FISIP UB, Prof. Anang Sujoko menjelaskan pencanagan tersebut harus sesuai dengan nilai dan semangat yang diusung oleh pahlawan.

"Ini ada semangat (Hari Pahlawan) untuk kita wujudkan. Dalam menegakkan semangat ini, tidak hanya sekadar tanda tangan saja, tapi semangat Kepahlawanan ini harus muncul di tiap elemen di FISIP," ujarnya usai launching Zona Integritas di Auditorium Nuswantara.

Semangat berkorban, membela kesucian, dan menegakkan nilai-nilai keadilan harus sejalan dengan semangat FISIP dalam mewujudkan Zona Integritas yang telah susah payah dicapai. Pihaknya berkomitmen untuk terus memacu nilai tersebut di lingkungan FISIP UB.

"Dengan Zona Integritas setiap pimpinan mempunyai komitmen menegakkan kinerja yang profesional, salah satunya anti KKN. Saya sebagai Dekan mendukung upaya ini," lanjutnya.

Menurutnya melalui Zona Integritas, transparansi dalam kelembagaan dapat dengan mudah diwujudkan. Tak hanya itu, pengawasan juga mengakibatkan semakin optimal layanan yang diberikan.

"Adanya penegakan dan pencanangan Zona Integritas, kita akan diawasi. Bagaimana tiap pimpinan berkomitmen memberi pelayanan terbaik," sebut Prof. Anang.

Terlebih dengan UB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) membuat pertanggungjawaban kinerja tidak hanya dilakukan secara internal semata namun juga secara eksternal. Prof Anang bertekad melalui penandatanganan pakta integritas, mampu meminimalisir adanya konflik kepentingan.

"Penandatanganan pakta integritas ada beberapa pernyataan. Salah satunya menghindari conflict of interest. Setiap kebijakan, saya sebagai dekan harus memperlakukan setiap orang yang di bawah saya dengan adil. Bukan karna saya tidak suka dengan seseorang maka saya bentuk kebijakan yang merugikan dia. Itu tidak boleh, harus sesuai regulasi," ungkapnya.

FISIP sudah membentuk tiga tim yaitu Zona Integritas, Agen Perubahan dan tim Anti Gratifikasi sebagai penguat pencanangan Zona Integritas.

Tombol Google News

Tags:

Zona Integritas Fisip UB Universitas Brawijaya Paktah Integritas Hari Pahlawan