Wabup Sleman Berharap CFD Gagasan Dishub Konsisten Dilaksanakan

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Naufal Ardiansyah

26 November 2023 08:04 26 Nov 2023 08:04

Thumbnail Wabup Sleman Berharap CFD Gagasan Dishub Konsisten Dilaksanakan Watermark Ketik
Wabup Sleman Danang Maharsa (tengah) didampingi istri (kiri) R.Ay Sri Hapsari Suprobo Dewi (Foto: Humas Pemkab Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – Penyelenggaraan Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di seputaran lapangan Pemda Kabupaten Sleman memasuki minggu keempat di bulan November tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Sleman Arif Pramana, Minggu (26/11/2023) menuturkan, sejak diresmikan CFD ini mendapat respon positif dari masyarakat.

Terlihat dari jumlah pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan di CFD semakin bertambah setiap pekannya. Namun karena keterbatasan anggaran, program ini hanya digelar setiap hari Minggu mulai awal bulan November dan awal Desember 2023.

"Sementara ini CFD digelar 4 atau 5 kali kegiatan selama satu bulan. Setiap hari Minggu mulai pukul 06.00  WIB  sampai 10.00 WIB. Dengan mensterilkan kawasan lapangan Pemda dan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan jalur kendaraan," terangnya.

Foto Danang Maharsa (kaos hitam) dan Kadishub Sleman Arif Permana (kaos hijau) bersemangat mengikuti senam di CFD ( Foto: Humas Pemkab Sleman)Danang Maharsa (kaos hitam) dan Kadishub Sleman Arif Permana (kaos hijau) bersemangat mengikuti senam di CFD ( Foto: Humas Pemkab Sleman)

Acara Car Free Day yang digagas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman ini bertujuan mengurangi aktivitas kendaraan bermotor untuk menuju kabupaten sehat.

Kegiatan yang digelar di seputaran lapangan Pemda Sleman ini menarik minat warga Kabupaten Sleman dan sekitarnya. Dengan antusias mereka mengisi hari Minggu pagi dengan mengikuti kegiatan senam pagi maupun aktivitas olahraga mandiri di seputaran lapangan Pemda Kabupaten Sleman.

"Dengan banyaknya antusias masyarakat. Memicu Dishub Sleman segera melakukan koordinasi lebih lanjut. Sehingga tidak menutup kemungkinan CFD akan dilanjutkan untuk jangka panjang," ungkap Arif Pramana

Ia juga menyampaikan, dalam proses koordinasi tersebut. Nantinya akan sampaikan, rencana kerjasama dengan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Sleman. Terutama menyangkut fasilitasi dalam CFD. 

Sementara saat ini, OPD yang terlibat dalam CFD yaitu Dinkes Sleman dengan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis. Kemudian Dispora Sleman dengan fasilitas senam massal. Serta Disperindag Sleman dengan melibatkan peran para pelaku UMKM.

Untuk ke depannya Dishub Sleman telah berencana menggandeng Dinas Kebudayaan untuk mengisi hiburan di CFD Sleman.

Foto Foto bersama didepan rambu-rambu rekayasa lalu lintas (Foto: Humas Pemkab Sleman)Foto bersama didepan rambu-rambu rekayasa lalu lintas (Foto: Humas Pemkab Sleman)

Sementara itu Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa terlihat menghadiri dan ikut meramaikan kegiatan Car Free Day (CFD) kali ini.

Bersama ratusan masyarakat, Danang Maharsa didampingi istri R.Ay Sri Hapsari Suprobo Dewi terlihat bersemangat mengikuti senam dan olahraga lari (jogging) di kawasan lapangan Pemda Sleman ini.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan, keberadaan CFD ini merupakan langkah Pemkab Sleman. Dalam upaya memberikan wadah bagi masyarakat. Untuk mengisi akhir pekan dengan kegiatan positif. Seperti berolahraga maupun kegiatan lainnya.

Menurut Danang adanya CFD juga dapat memberdayakan ekonomi masyarakat. Dalam kegiatan ini para pelaku UMKM juga diberikan kesempatan untuk menjajakan produknya.

"Bagi yang ingin melakukan kegiatan olahraga dan kegiatan lainnya. Kegiatan CFD ini terbuka untuk masyarakat umum secara gratis. Selain itu ramainya masyarakat yang datang di CFD ini sekaligus membantu perekonomian masyarakat khususnya UMKM yang terlibat," jelas Danang.

Di akhir keterangannya, Danang berharap CFD yang digagas Dishub Sleman ini dapat diselenggarakan secara konsisten. Mengingat tingginya antusias masyarakat yang datang di kegiatan CFD di lapangan Pemkab Sleman. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Danang Maharsa CFD Car Free Day Minggu Pagi Dishub Sleman Rekayasa Lalu Lintas Lapangan Pemkab Sleman