Warga Binaan Lapas Madiun Ikuti Pelatihan Budidaya Jamur

Jurnalis: Kurniawan
Editor: Gumilang

3 September 2024 15:10 3 Sep 2024 15:10

Thumbnail Warga Binaan Lapas Madiun Ikuti Pelatihan Budidaya Jamur Watermark Ketik
Warga Binaan Lapas Kelas 1 Madiun mengikuti pelatihan budidaya Jamur / Kurniawan (foto : dokumentasi Lapas kelas 1 Madiun)

KETIK, MADIUN – Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim bekerja sama dengan “Thani Jamur Magetan” menggelar pelatihan budidaya jamur tiram untuk warga binaan, Selasa, 3 September 2024.

Tampak puluhan warga binaan bersemangat mempelajarinya keterampilan baru yang dapat mereka manfaatkan di masa depan sebagai bentuk upaya kemandirian. 

Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiharta menjelaskan, program ini nantinya bisa menjadi bekal bagi warga binaan setelah mereka kembali ke masyarakat.

“Jadi pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang teknik budidaya jamur tiram, tetapi juga mengajarkan mereka bagaimana memulai usaha kecil di bidang ini. Harapannya keterampilan ini bisa menjadi modal awal bagi mereka untuk membangun kehidupan yang lebih baik setelah keluar dari Lapas,” jelas Kadek Anton.

Saat pelatihan, peserta mendapatkan materi mengenai cara memilih bibit jamur yang berkualitas, proses pembuatan media tanam, serta teknik perawatan hingga panen.

Mereka juga dibekali dengan pengetahuan tentang manajemen usaha sederhana dan pemasaran produk hasil budidaya.

"Pelatihan tersebut merupakan serangkaian program kemandirian yang dilaksanakan oleh Lapas I Madiun. Dengan harapan warga binaan memperoleh keterampilan yang berguna untuk masa depan mereka," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

petani Budidaya Jamur Pelatihan Lapas Madiun Madiun Kota Pendekar