Wujudkan Mimpi Generasi Muda, Bank bjb Hadirkan SiMuda untuk Gen Z

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

5 September 2024 00:55 5 Sep 2024 00:55

Thumbnail Wujudkan Mimpi Generasi Muda, Bank bjb Hadirkan SiMuda untuk Gen Z Watermark Ketik
Ajeng Ratna Mustika menunjukkan brosur SiMuda pada Ketik.co.id di Hotel JW Marriot (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk mewujudkan mimpi generasi muda, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (Bank bjb) menghadirkan Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda).

Tabungan ini, kata Diana Dewinda Account Officer Bank bjb Kantor Wilayah V Surabaya ditujukan untuk generasi muda usia 18-30 tahun yang ingin mempersiapkan masa depanya. Pasalnya, mereka tidak hanya bisa menabung, tapi diberikan edukasi untuk berinvestasi.

“Investasinya ini kami akan tawarkan ikut reksa dana di Bank bjb. Ada Danareksa, Trimegah dan Asset Management,” paparnya pada Ketik.co.id saat ditemui dalam acara Antara Business Forum 2024 di Hotel JW Marriot, Rabu, 4 September 2024.

Mereka bisa memilih investasi apa yang dibutuhkan. Semua pilihan investasi ini akan disesuaikan dengan profil risiko masing-masing.

Contohnya, jika ada mahasiswa yang berani mengambil risiko lebih besar, maka diarahkan mengambil reksa dana saham.

Begitu sebaliknya, jika mahasiswa tersebut hanya sebatas ingin uangnya tidak hilang meskipun returnnya sedikit, maka diarahkan mengambil pasar uang.

“Tergantung mahasiswanya, dia mau risiko seperti apa,” terangnya.

Dia juga menjelaskan untuk mengetahui seberapa besar risiko investasi, pihaknya akan meminta nasabah mengisi kuesioner dan menunjukkan kinerja tahunan reksa dana. Dari data tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Ada beberapa keuntungan dari investasi ini. Salah satunya, nasabah mendapatkan keleluasaan dalam pembelian reksa dana secara berkala sebesar Rp100 ribu per bulan, ada beberapa pilihan jenis reksadana, jangka waktu fleksibel mulai 1 tahun-12 tahun (kelipatan 12 bulan).

Ajeng Ratna Mustika, Relationship Manager Trade Finance & Value Chain Bank bjb menambahkan, kelebihan lain dari SiMuda ini adalah nasabah akan mendapatkan asuransi jiwa.

Asuransi ini meliputi masa perlindungan selama 1 tahun, rawat inap akibat kecelakaan Rp1 juta, santunan meninggal karena sakit (meninggal wajar) Rp1,5 juta dan santunan meninggal karena kecelakaan Rp50 juta.

Menariknya, nasabah akan mendapatkan gratis pembayaran premi asuransi di tahun pertama. Tahun berikutnya, besaran premi hanya Rp50 ribu per tahun.

“Kan biasanya kalau nabung biasa nggak ada asuransinya. Nah ini dikembangkan,” imbuh Ajeng.

Ia berpendapat generasi muda saat ini perlu belajar berinvestasi untuk mempersiapkan masa depannya. Ini penting agar generasi muda lebih percaya diri terhadap kondisi masa depan keuangan mereka.

“Untuk mendaftar bisa datang ke Bank bjb terdekat,” katanya

Bagi kalian yang tertarik mendaftar, harus memenuhi syarat dan ketentuannya berikut:

  1. Usia minimal 18 tahun maksimal 30 tahun
  2. Menyerahkan fotocopy e-KTP asli dan fotocopy NPWP asli (bagi yang memiliki)
  3. Mengisi formular aplikasi Rekas Dana, Profil Pemodal, Surat Pernyataan Risiko, dan formulir pembelian Reksa Dana
  4. Wajib punya rekening tabungan atau giro perorangan di Bank bjb sebagai rekening sumber dana

Yuk, mulai berinvestasi bersama Bank bjb!.(*)

Tombol Google News

Tags:

bank bjb reksa dana tabungan muda SiMuda investasi