Wujudkan Pelayanan Prima, Tim Transisi Bupati Situbondo Terpilih Libatkan Ombudsman RI

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Gumilang

15 Januari 2025 20:15 15 Jan 2025 20:15

Thumbnail Wujudkan Pelayanan Prima, Tim Transisi Bupati Situbondo Terpilih Libatkan Ombudsman RI Watermark Ketik
Kordinator Tim Transisi Mas Rio dan Mbak Ulfi besama Ombudsman RI, Rabu (15/01/2025) (Foto : dok Tim Transisi Rio Ulfi)

KETIK, SITUBONDO – Ombudsman Republik Indonesia (RI) menyambut positif langkah proaktif Tim Transisi Bupati dan Wakil Bupati Situbondo terpilih, Yusuf Rio Wahyu Proyogo-Ulfiyah, dalam mewujudkan pelayanan prima.

Langkah ini dinilai sebagai bentuk komitmen nyata untuk memberikan layanan publik yang responsif dan transparan kepada masyarakat Kabupaten Situbondo.

“Kami melakukan audiensi dengan Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, di Kantor Ombudsman RI, Jakarta,” jelas Koordinator Tim Transisi, Mohamad Alfan Ardillah, melalui pesan WhatsApp, Rabu 15 Januari 2025

Lebih lanjut, Mohamad Alfan Ardillah menjelaskan, ini bagian dari upaya untuk merealisasikan komitmen pemerintahan Mas Rio dan Mbak Ulfi dalam menghadirkan pelayanan publik terbaik untuk masyarakat Situbondo.

“Salah satu program unggulan yang akan diluncurkan yakni Ricall—program berbasis digital yang dirancang sebagai hotline pengaduan 24 jam,” jelas Alfan, panggilan akrab Mohamad Alfan Ardillah.

Program ini, sambung Alfan, memungkinkan masyarakat mendapatkan layanan publik yang cepat, akurat, dan diawasi langsung oleh bupati dan wakil bupati Mas Rio dan Mbak Ulfi.

“Ricall dirancang untuk memastikan masyarakat dapat mengakses pengaduan atau kebutuhan pelayanan administrasi kapan saja. Program ini menjadi simbol komitmen pemerintahan Kabupaten Situbondo di bawah kepemimpinan Mas Rio dan Mbak Ulfi dalam meningkatkan responsivitas pelayanan publik,” tegas Alfan.

Dilain pihak, Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, mengapresiasi langkah cepat Tim Transisi Bupati dan Wakil Bupati Situbondo Mas Rio – Mbak Ulfi.

“Menggandeng Ombudsman sejak awal dalam memimpin pemerintahan merupakan keputusan strategis untuk memastikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik,” ujar Mokhammad Najih.

Tak hanya itu yang disampaikan Mokhammad Najih, dia menegaskan, pihaknya siap mendukung penuh inisiatif ini dan siap memberikan supervisi. Terutama untuk memastikan program Ricall berjalan sesuai dengan prinsip pelayanan publik yang lebih baik.

“Kami siap untuk terjun langsung ke Kabupaten Situbondo guna memberikan pendampingan dan pengawasan. Program Ricall sangat baik karena menjadi salah satu bentuk nyata pelayanan responsif berbasis teknologi,” jelasnya.

Sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, kata Najih, Ombudsman siap membantu memastikan program ini berhasil dan memberikan dampak positif secara nyata.

“Melalui kolaborasi ini, pemerintahan Mas Rio dan Mbak Ulfi menunjukkan komitmen kuat untuk membawa perubahan nyata dalam pelayanan publik di Kabupaten Situbondo,” tegas Najih.

Untuk diketahui, Ricall sebagai program prioritas, masyarakat tidak hanya mendapatkan layanan terbaik, tetapi juga menjadi bagian aktif dalam mengawal pemerintahan yang responsif, transparan dan akuntabel. (*)

Tombol Google News

Tags:

untuk Wujudkan pelayanan prima Tim Transisi Rio-Ulfi Rangkul Ombudsman RI