Yankes Bergerak, Dinkes Jatim Kirim 60 Tenaga Medis ke Pulau Raas Sumenep

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

24 Mei 2024 04:08 24 Mei 2024 04:08

Thumbnail Yankes Bergerak, Dinkes Jatim Kirim 60 Tenaga Medis ke Pulau Raas Sumenep Watermark Ketik
Petugas kesehatan dari Dinkes Jatim memeriksa mata warga Pulau Raas, Sumenep, Madura, Kamis (23/5/2024). (Foto: Humas Dinkes Jatim)

KETIK, SURABAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim mengirim 60 tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak ke Pulau Raas Kabupaten Sumenep. Kegiatan tersebut kini sedang berlangsung di lokasi tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memeriksa kesehatan dari warga setempat serta mewujudkan pelayanan kesehatan di luar Pulau Jawa.

Selama menjalankan pelayanan kesehatan ini, tim Yankes bergerak melayani sebanyak 563 masyarakat. Dengan rincian 323 pasien spesialistik. Dari jumlah itu 128 orang di antaranya dilakukan tindakan operasi, 92 pasien kesehatan tradisional, dan 148 orang sasaran Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

Pj Gubernur Jatim Adhi Karyono mengatakan Yankes Bergerak ini merupakan sebuah bentuk komitmen sekaligus ikhtiar memberi pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Jatim. Utamanya di wilayah kepulauan.

’’Tahun ini, Kepulauan Raas menjadi salah satu tujuan Pelayanan Kesehatan Bergerak. Pelayanan Kesehatan Bergerak, ini merupakan salah satu ikon program gubernur sejak 2019 yang bertujuan memberikan layanan kesehatan masyarakat di daerah terpencil dan terluar Jatim,” ucapnya, Rabu (22/5/2024).

Demi memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat kepulauan, Adhy menyebut kalau Tim Yankes Bergerak harus menempuh perjalanan darat dan laut dengan jarak tempuh hampir 12 jam.

"Dukungan dari banyak pihak terutama rumah sakit yang ada di Jawa Timur membuat program Yankes Bergerak ini lancar selama empat hari ini," kata Adhy.

Dukungan untuk Yankes Bergerak

Yankes Bergerak ini mendapat juga dukungan dari RSUD Dr Soetomo, RSUD Haji Prov. Jatim, RSUD Dr Saiful Anwar, RSUD Mohammad Noer, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, Organisasi Profesi Kesehatan Tradisional, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan lintas sektor terkait (Dishub, BMKG, dan PT Dharma Dwipa Utama).

Sementara itu, Kepala Dinkes Jatim dr. Erwin Astha Triyono mengatakan, Yankes Bergerak pada Bulan Mei ini menyasar Kepulauan Raas dengan tujuan utamanya adalah mendekatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah terpencil yang berada di wilayah kepulauan.

“Allhamdulillah respons masyarakat sungguh luar biasa. Banyak dari masyarakat sangat aktif untuk memeriksakan Kesehatan mereka atau hanya sebatas ingin melakukan check up kondisi kesehatan mereka,” jelasnya.

Tak hanya memberikan layanan kesehatan gratis, Tim Yankes Bergerak juga turut memberikan sosialisasi gerakan masyarakat meliputi kesehatan jiwa, kesehatan lingkungan, dan gizi masyarakat.

Di bidang kesehatan jiwa, Tim Yankes Bergerak meluncurkan timnya ke beberapa titik di Kepulauan Raas untuk melakukan skrining kejiwaan bagi masyrakat kelompok usia dewasa, remaja, dan anak-anak di puskesmas serta Pondok Pesantren Sirajul Akhyar.

Di bidang kesehatan lingkungan melakukan sosialisasi pembuatan jamban yang murah dan mudah kepada delapan kepala dusun antara lain Dusun Barat Embung 1 dan Embung 2, Temor Embung, Sonok, Kalosot, Brakas, Talango Tengah, dan Talango Air.

Sosialisasi jamban ini sangat penting karena masih terdapat 600 KK yang tidak memiliki jamban di Kecamatan Raas. Targetnya, setelah adanya sosialisasi pembuatan jamban yang berlangsung pada 18-19 Mei 2024, Kecamatan Raas bisa masuk sebagai daerah Open Defecation Free (ODF)/ Stop Buang Air Besar Sembarangan. (*)

Tags:

kesehatan Dinkes Jatim pulau raas Madura Jawa timur Pj Gubernur Jatim Adhy karyono