Yuk Main ke Telaga Warna Puncak, Tiket dan Sewa Perahu dengan Harga Terjangkau

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

10 Mei 2024 04:16 10 Mei 2024 04:16

Thumbnail Yuk Main ke Telaga Warna Puncak, Tiket dan Sewa Perahu dengan Harga Terjangkau Watermark Ketik
Telaga Warna (Foto: dari warga for Ketik.co.id)

KETIK, BOGOR – Telaga Warna Puncak berlokasi di Jalan Raya Puncak-Cianjur, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Telaga Warna Puncak Bogor telah diresmikan sejak tahun 1972 sebagai kawasan cagar alam hutan Gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang.

Area taman wisata telaga warna Bogor mampu memancarkan panorama asri pegunungan serta pesona danau. Telaga tersebut diperkirakan memiliki luas kurang lebih 7.156 m² yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. 

Area Telaga Warna ini sudah dijadikan tempat piknik sejak negeri ini masih dijajah Belanda. Beberapa foto hitam putih yang menunjukkan para tuan dan noni Belanda sedang bermain di sana dapat dilihat di situs-situs tertentu seperti Wilkipedia.
 
Selain bisa berswafoto di tepian telaga atau danau sembari menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa menyewa perahu mirip rakit untuk menyusuri area danau. 

Menjadi pengalaman menyenangkan dan berkesan ketika mengelilingi di antara hawa sejuk serta percikan air segar dari telaga. Tiket masuknya hanya Rp15.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 rupiah untuk hari libur dan akhir pekan.

Foto Tempat santai di Telaga Warna (Foto: dari warga for Ketik.co.id)Tempat santai di Telaga Warna (Foto: dari warga for Ketik.co.id)

Disebut Telaga Warna karena air danau dapat berubah warna di waktu tertentu. Terkadang warnanya berubah hijau seolah menyatu dengan pepohonan di sekelilingnya. Di waktu yang lain, bisa berubah menjadi cokelat, kuning gelap, hingga kuning terang.

Jika dijelaskan secara ilmiah, warna yang berubah-ubah itu dikarenakan algae danau. Tumbuhan jenis ini memenuhi danau dan dapat berubah warna. 

Sehingga, air pada danau pun berubah warna sesuai dengan warna algae. Ada juga yang mengatakan bahwa warna danau berubah karena objek lain di sekitarnya. 

Seperti halnya pantulan sinar matahari yang menerpa tumbuhan di sekeliling danau. Sehingga menyebabkan warna air danau berubah-ubah.

Untuk sampai di lokasi ini dari pusat Kota Bogor, hanya perlu menempuh perjalanan selama 16 menit berkendara dengan jarak lebih kurang 5 kilometer ke arah Cianjur melewati perkebunan teh hingga sampai di Masjid Atta’awwun. 

Lalu dari masjid ini kira-kira sekitar 2 kilometer atau kurang lebih 250 meter sebelum restoran Rindu Alam, akan terlihat papan petunjuk yang akan mengarahkan pengunjung untuk sampai ke lokasi telaga Warna. 

Dari tepi jalan Raya Puncak Bogor dengan berjalan sejauh 200 meter untuk menuju lokasi. Untuk memudahkan, lokasi ini sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

Tags:

Telaga Warna liburan Puncak perahu Indah
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1