Ziarah ke Makam Raja Kotagede Jogja, Ketua DPRD Kabupaten Madiun: Kenang Jasanya, Teladani Perjuangannya

Jurnalis: Dimas Cheppy Rusadhi
Editor: Eko Suprayitno

27 Juli 2023 04:05 27 Jul 2023 04:05

Thumbnail Ziarah ke Makam Raja Kotagede Jogja, Ketua DPRD Kabupaten Madiun: Kenang Jasanya, Teladani Perjuangannya Watermark Ketik
Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono (Dua dari kiri) bersama Forkopimda Madiun saat melakukan ziarah makam Raja di Kotagede Jogja. (Foto: Humas DPRD Kabupaten Madiun)

KETIK, MADIUN Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Madiun, Jatim melakukan ziarah ke makam Raja Kotagede Yogyakarta dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun ke-455.

Makam Raja Kotagede Yogyakarta merupakan tempat peristirahatan terakhir Raja Pertama Mataram Islam, Raja Pajang, Sultan Hadiwijaya, Ki Ageng Pemanahan, Danang Sutawijaya atau dikenal Raja Panembahan Senopati dan Makam Hamengku Buwono II.

Tak hanya itu rombongan forkopimda juga ziarah ke makam putri Adipati Madiun yang pertama yakni Retno Dumilah.

Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono mengatakan ziarah ke makam Raja Mataram Islam di Kotagede Yogyakarta untuk mengenang sekaligus mendoakan almarhum yang selama ini memiliki jasa besar bagi negara dan khususnya bagi warga Madiun.

‘’Kami mengenang dan meneladani perjuangannya serta mendoakan arwah Raja-Raja Mataram Islam di Yogyakarta, raja-raja tersebut telah berjasa kepada negara Indonesia dalam mengembangkan agama Islam di Nusantara,’’ Kata Fery.

Kata dia, selain ziarah ke makam raja, pihaknya juga melakukan ziarah ke makam Retno Dumilah yang merupakan Bupati Madiun ke-II, ziarah tersebut kelanjutan dari kegiatan sebelumnya di makam mantan Bupati Madiun yang dimakamkan di Madiun.

“Retno Dumilah merupakan Bupati Madiun yang kedua. Beliau adalah putri dari Bupati Madiun pertama, Ronggo Jumeno, yang dimakamkan di makam Kuncen Kota Madiun,” tambah  Fery.

Kata dia, Retno Dumilah, tak hanya sebagai Bupati Madiun yang kedua, namun dia merupakan permaisuri dari Raja Mataram pertama, Panembahan Senopati.

“Karena itu, Retno Dumilah dimakamkan di Makam Raja-raja Mataram,” terangnya.

Ziarah ke makam mantan Bupati Madiun ini selalu menjadi agenda rutin dan masuk dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Madiun yang diperingati setiap 18 Juli.

 “Ini merupakan bentuk penghormatan kepada pendahulu kita, sekaligus untuk mendoakan para pendahulu kita yang telah mendahului kita menghadap Allah SWT. Semoga beliau semua Khusnul Khotimah,” tambahnya

Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo yang turut hadir dalam rombongan Forkopimda mengatakan, kegiatan ziarah ini untuk mendoakan arwah pendahulu yang telah berjuang mengisi pembangunan untuk kemakmuran masyarakat Kabupaten Madiun serta mengenang jasa beliau semasa hidupnya.

‘’Jasa-jasa beliau sangat besar bagi negara, dan harapannya kita semua bisa meneladani jiwa kepemimpinan dan perjuangan para mantan Bupati Madiun ini dalam hal mensejahterakan rakyatnya,’’ ungkapnya.

Selain Forkopimda, kepala OPD, Asisten, Staf Ahli dan Camat juga ikut dalam rombongan ziarah makam raja di Kotagede Yogyakarta ini. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Ziarah Makam Sejarah Kabupaten Madiun Retno Dumilah Bupati Madiun Fery Sudarsono Panembahan Senopati Danang Sutawijaya HUT Kabupaten Madiun ke-455