Ada Unsur Kelalaian, Lahan Ilalang Seluas 2 Hektar di Probolinggo Terbakar

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Mustopa

28 Juli 2023 06:42 28 Jul 2023 06:42

Thumbnail Ada Unsur Kelalaian, Lahan Ilalang Seluas 2 Hektar di Probolinggo Terbakar Watermark Ketik
Dua petugas Damkar Kabupaten Probolinggo saat tengah berjibaku memadamkan kobaran api di lahan yang terbakar di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Kamis (27/07/2023) malam. (Foto: Tunjung Mulyono/Ketik.co.id

KETIK, PROBOLINGGO – Lahan Ilalang seluas 2 hektar di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, kabupaten Probolinggo terbakar pada Kamis (27/07/2023) malam. Kebakaran itu nyaris meluas ke pemukiman warga.

Menurut Kabid Damkar Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo Kusumo, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah menerima laporan dari warga, ia langsung menerjunkan petugas ke lokasi kejadian.

“Kami tindak lanjuti dengan dengan secepatnya menerjunkan 1 unit mobil Damkar dan 5 anggota kami ke lokasi kebakaran yang nyaris merembet ke pemukiman itu,” ungkapnya, Jum’at (28/07/2023).

Dijelaskan Kusumo, petugas sempat mengalami kesulitan untuk menjinakkan kobaran api karena angin cukup kencang. Beruntung, mereka mendapat bantuan dari warga setempat.

"Kobaran api bisa kami padamkan selang satu jam kemudian,” terangnya.

Lebih lanjut, Kusumo juga membeberkan penyebab kebakaran tersebut. Kata dia, ada unsur kelalaian yang membuat ilalang terbakar hingga nyaris merembet ke pemukiman.

"Kebakaran ini akibat kelalaian warga yang sengaja membuka lahan dengan cara membakarnya latas ditinggal. Selanjutnya karena terpaan angin kencang akhirnya kobaran api dengan cepat meluas dan tak terkendali,” sebutnya.

Sementara itu, Irwan, salah satu saksi mata saat kejadian menuturkan bahwa ia sempat melihat cahaya merah dari lokasi. Lantaran curiga, lantas dia mendatangi sumber cahaya itu dan ternyata benar sedang terjadi kebakaran lahan di desanya.

 “Karena khawatir kebakaran itu makin meluas, akhirnya saya telepon petugas Damkar kabupaten Probolinggo,” tandas pria yang juga perangkat desa itu.(*)

Tombol Google News

Tags:

kebakaran lahan damkar probolinggo probolinggo