Air Terjun Pantai Eksotis di Jatim, No 4 Dekat Surabaya

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

5 Juni 2023 17:05 5 Jun 2023 17:05

Thumbnail Air Terjun Pantai Eksotis di Jatim, No 4 Dekat Surabaya Watermark Ketik
Pantai Banyu Anjlok di Lenggoksono, di Kabupaten Malang memilik keunikan air terjun yang mengalir di bebatuan tebing. (Foto: Instagram @yoiki.malang)

KETIK, JAKARTA – Fenomena alam yang luar biasa kerap menyuguhkan pemandangan menarik. Misalnya ombak besar di sungai atau di Danau Poso. Begitu juga dengan pertemuan air laut dari beda samudra bisa menjadi pemandangan indah.

Begitu juga dengan fenomena alam di pantai selatan Jawa Timur telah dijadikan objek wisata. Misalnya air terjun di tepi pantai menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Ada juga fenomena serupa di Madura. Ini buktinya:

Banyu Tibo

Kita ke Pacitan dulu deh. Dari sekian objek wisata yang memiliki fenomena alam ajaib adalah Pantai Banyu Tibo. Pemberian nama itu merujuk pada kata banyu tibo, yang dalam Bahasa Jawa berarti air jatuh atau air terjun, yang jatuh ke laut.

Lokasinya berada Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, yakni perbatasan antara Pacitan dengan Wonogiri (Jawa Tengah). Ada banyak spot foto yang bisa diambil wisatawan di lokasi air terjun dengan ketinggian 7-8 meter ini.

Tetapi Anda tidak bisa turun ke tepi pantai pada saat air sedang pasang. Anda hanya bisa melihat dari atas perbukitan. Bila air sedang surut, wisatawan bisa turun melalui tangga untuk menikmati fenomena alam.

Pengunjung cukup menyediakan duit Rp3.000 untuk hari biasa dan Rp5.000 untuk hari libur. Sedangkan anak-anak membayar Rp2.000 saat weekday dan Rp3.000 saat weekend.

Banyu Anjlok

Lokasi pantai ini berada di Lenggoksono, Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Dibutuhkan waktu lebih dari 2 jam dari jantung kota Malang menuju lokasi yang berjarak kurang lebih 68 km.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa. Di pantai ini terdapat air terjun deras yang tidak langsung jatuh ke laut, melainkan ke bebatuan tebing. Aliran air terjun itu mengalir menuju ke muara laut.

Pengunjung bisa bermain di cekungan tempat jatuhnya air terjun. Tetapi harus waspada lantaran cekungan memiliki kedalaman yang tidak cocok untuk anak-anak. Selain itu, pengunjung bisa menikmati pasir putih di sekitar pantai.

Tiket masuk ke lokasi cukup murah, hanya Rp10 ribu dan Anda bisa mengabadikan berbagai spot foto. Tetapi harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu

Umbul Waru

Lokasi pantai ini cukup terpencil, di tambah akses jalan utama tidak mudah dilalui. Wisatawan harus mengendarai sepeda motor melintasi perkebunan sepanjang 1,5 km di Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.

Foto Pantai Umbul Waru di Kabupaten Blitar memberi tantangan berat untuk menuju lokasi. (Foto: Instagram @shareblitarPantai Umbul Waru di Kabupaten Blitar memberi tantangan berat untuk menuju lokasi. (Foto: Instagram @shareblitar

Tantangan lain di Pantai Umbul Waru ini lokasinya masih asri. Wisatawan hanya bisa menikmati air terjun dari atas bukit, dikarenakan pasirnya tidak terlalu banyak. Tantangan lain adalah tidak bisa turun ke bawah saat kondisi air laut sedang pasang.

Untuk menuju lokasi ini cukup mengeluarkan duit Rp5.000 per orang. Lokasi yang masih asri cocok bagi adventurer yang kerap menikmati keindahan alam secara natural.

Toroan

Pulau Madura tidak mau kalah dalam menjual objek wisata. Pantai Toroan juga memiliki air terjun yang tidak kalah indah. Lokasinya berada di Kecamatan Ketapang, Sampang dan mudah diakses semua jenis kendaraan.

Fenomena yang ditawarkan adalah air terjun dengan ketinggian hampir 20 meter ini berbeda dengan di pantai lainnya. Air terjun langsung menyatu dengan laut. Di sekitar lokasi terlihat masih asri lantaran tidak banyak bangunan yang bisa merusak alam.

Anda juga bisa berenang di sekitar air terjun yang memiliki kedalaman 2 meter. Lokasi ini cukup pas untuk menyaksikan sunset lantaran berhadapan dengan Laut Jawa. Selain itu, pantai ini juga bersebelahan dengan Pantai Nepa.

Sejauh ini tidak ada penerbitan tiket, namun kendaraan roda dua dikenakan tarif parkir Rp5.000 dan roda empat Rp10.000.(*)

Tombol Google News

Tags:

Malang Blitar pacitan air terjun pantai banyu anjlok abnyu anjlok Madura toroan umbul w aru