Baru Tahun Ini, PPI Ungkap Masalah Pelepasan Hijab untuk Paskibraka

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

14 Agustus 2024 11:30 14 Agt 2024 11:30

Thumbnail Baru Tahun Ini, PPI Ungkap Masalah Pelepasan Hijab untuk Paskibraka Watermark Ketik
Pengukuhan Paskibraka di IKN. (Foto: BPMI Setpres)

KETIK, JAKARTA – Pengurus Pusat (PP) Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menyebut ada 18 dari 76 anggota Paskibraka 2024 yang mengenakan hijab, namun tak menggunakannya saat dikukuhkan Presiden RI Joko Widodo di IKN pada Selasa (13/8/2024).

Saat hari pengukuhan itu, seluruh Paskibraka 2024 putri yang dikukuhkan Jokowi untuk bertugas di istana terlihat tanpa hijab.

Padahal, saat datang ke pemusatan latihan, saat latihan, hingga gladi seluruh paskibraka putri yang berhijab itu tetap mengenakan hijab.

Oleh karena itu muncul dugaan ada 'aturan' atau 'tekanan' agar paskibraka putri yang berjilbab itu tak berhijab saat dikukuhkan Jokowi.

"Padahal ada 18 dari utusan provinsi yang sejak awal mereka datang mengenakan jilbab. Makanya teman-teman dari provinsi juga pada protes semua dan hari ini kita menyatakan sikap," kata Wasekjen PPI Irwan Indra dikutip dari Suara.com jaringan Ketik.co.id pada Rabu (14/8/2024).

Sebelumnya terdapat kabar dugaan pasukan Paskibraka 2024 perempuan beragama Islam diwajibkan mencopot hijab ramai menjadi pembahasan warganet.

Ini diketahui dari sejumlah foto yang beredar di media sosial, tak ada Paskibraka perempuan 2024 yang berhijab.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis protes keras terkait kabar tersebut. Cholil lantas mendesak supaya kabar larangan berhijab bagi Paskibraka dihapus.

Jika tidak ada kebebasan dalam berhijab Ia menyarankan sebaiknya para peserta Paskibraka perempuan yang awalnya berhijab untuk pulang saja.

"Atau pulang saja adik-adik yang berjilbab jika dipaksa harus membuka jilbabnya," ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PP PPI Paskibraka lepas hijab larangan berjilbap Irwan Indra