Berani Berenang Bareng Hiu Paus? Di Sini Tempatnya

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

14 Juni 2023 18:06 14 Jun 2023 18:06

Thumbnail Berani Berenang Bareng Hiu Paus? Di Sini Tempatnya Watermark Ketik
Hiu paus di Teluk Saleh kerap muncul di permukaan laut. (Foto: KKP).

KETIK, JAKARTA Snorkeling atau diving di laut lepas bisa memberi pengalaman luar biasa. Setidaknya bisa melihat dari dekat biota laut, baik ikan maupun tumbuh-tumbuhan. Tapi bagaimana bila berenang bareng hiu?

Tidak perlu khawatir dimangsa paus. Anda bisa berenang di sampingnya sampai berfoto, karena hiu jenis ini jinak dan baik hati. Yuk, berangkat ke lokasi.

Teluk Saleh

Taman Nasional Teluk Saleh yang berada di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini memiliki luas 2.000 km persegi. Daerah ini penghasil ikan yang meliputi tongkol, tuna, baronang, kerapu, dan kakap merah.

Ada satu ikan yang tidak boleh ditangkap. Hiu paus (rhincodon typus). Teluk Saleh menjadi tempat hiu paus berkembang biak. Binatang laut raksasa ini kerap muncul di perairan, seolah-olah menggoda perenang untuk mendekat.

Hiu paus relatif jinak. Binatang seberat 15 ton ini tidak memiliki taring seperti hiu lainnya. Tapi Anda tetap waspada saat berenang di dekatnya. Jangan sekali-sekali mengganggu untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan.

Teluk Cendrawasih

Menyelam bareng hiu paus juga bisa dilakukan di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua. Kawasan ini berada di Nabire dan Wondama, Papua Tengah. Taman nasional ini sekaligus berfungsi menjadi perlindungan sistem penyangga kehidupan.

Luas Teluk Cendrawasih mencapai 1,4 juta hektar dan mudah menjumpai hiu paus. Sesekali Binatang yang dilindungi ini berenang bareng nelayan. Penyelam juga bisa berenang bareng hiu paus. Ada baiknya Anda mematuhi aturan.

Pulau Tinabo

Terbang ke Sulawesi Selatan, yuk. Di provinsi ini terdapat Kepulauan Selayar yang di dalamnya terdapat Pulau Tinabo. Cukup banyak spot menarik untuk menyelam di sekitar pulau.

Pulai ini menjadi surga untuk berenang bareng hiu. Hiu yang hidup di pulau ini jenis black tip dengan ukuran kecil dan masih bayi. Hiu jenis ini mudah dijumpai di tepi pantai dengan jumlah yang sangat banyak, dan cukup jinak.

Penyelam juga bisa menyaksikan terumbu karang hingga kedalaman 20 meter di Jonato Wall Paradise, yang menjadi spot menyelam paling banyak dikunjungi.

Pulau Menjangan Besar

Jawa Tengah juga memiliki lokasi yang tidak kalah eksotis. Urusan berenang dengan hiu, tepatnya di Pulau Menjangan Besar, yang masuk Kepulauan Karimunjawa. Anda bisa menyeberang dari Pelabuhan Kartini di Jepara dengan estimasi waktu dua jam.

Ada baiknya mengikuti instruksi jika ingin berenang bersama hiu. Diver tidak diperkenankan memegang hiu, yang bisa membuatnya berontak karena tidak nyaman. Wanita yang sedang datang bulan dilarang berenang.

Begitu juga jika ada luka di bagian tubuh yang mengeluarkan darah tidak diperkenankan turun ke laut. Hiu bisa bersikap agresif jika mencium darah.

Pantai Bangsring

Banyuwangi tidak ada habisnya untuk membahas tempat menyelam. Salah satu spot yang bisa berenang dengan hiu adalah Pantai Bangsring, yang berlokasi di Desa Bangsring, Kecamatan Wonorejo.

Di tempat ini terdapat penangkaran hiu di rumah apung yang bisa diajak berenang. Anda bisa melepas tukik atau anak penyu ke laut pada saat musim bertelur. Siapkan duit mulai sekarang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Teluk Saleh Teluk Cendrawasih Karimunjawa snorkeling diving Hiu Paus