Elon Musk Terpukau dengan Kamera Galaxy S23 Ultra

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

7 Februari 2023 09:42 7 Feb 2023 09:42

Thumbnail Elon Musk Terpukau dengan Kamera Galaxy S23 Ultra Watermark Ketik
Dengan kamera Galaxy S23 ultra yang memiliki zoom 100 x bisa foto bulan . (Ilustrasi:swidodo/ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Samsung membenamkan sejumlah fitur jagoan ke dalam kamera Galaxy S23 Ultra. Kemampuan kameranya ini membuat Elon Musk terpukau.

Dari sisi resolusi, kamera utama S23 Ultra ini naik dari 108 MP di S22 Ultra menjadi 200 MP. Kamera utama ini ditemani tiga kamera lain, yaitu ultrawide 12 MP, telephoto 3x dan telephoto 10x yang masing-masing punya resolusi 10 MP.

Fitur yang membuat Elon Musk terpukau adalah kemampuan S23 Ultra saat dipakai memotret bulan. Adalah Marques Brownlee, Youtuber tenar, yang memamerkan kemampuan zoom 100x S23 Ultra untuk memotret bulan purnama.

"Saya tidak tahu siapa yang membutuhkan (zoom) 100x untuk memotret bulan, namun yang jelas Galaxy S23 Ultra adalah HP untuk Anda," tulis MKBHD.

Tulisan MKBHD itu dibalas singkat oleh Elon Musk. "Wow," ujarnya.

Meski postingan itu juga beberapa kali dicibir oleh pengguna Galaxy S21 Ultra dan Galaxy S22 Ultra, karena menurut mereka HP-nya itu juga bisa memotret bulan sama baiknya seperti Galaxy S23 Ultra.

Galaxy S23 Ultra menggunakan sensor terbaru Samsung untuk kamera utamanya, yaitu sensor 200 MP ISOCELL HP2. Sensor ini memungkinkan detail gambar tajam dengan resolusi 16 kali lebih tinggi tanpa ukuran kamera terlalu besar. ISOCELL HP2 membungkus 200 juta piksel ukuran 0,6μm dalam format optik 1/1,3" yang banyak digunakan di kamera 108 MP.

ISOCELL HP2 turut dibekali teknologi Super QPD untuk menawarkan kemampuan auto-focus canggih, khususnya di kondisi minim cahaya. Jadi kamera bisa mengatur fokus lebih akurat dengan shutter lag lebih minim, bahkan di kondisi 1 lux, atau setara pencahayaan sebuah lilin dalam satu ruangan.

ISOCELL HP2 juga dilengkapi dual slope gain (DSG) di mana perangkat akan mendapatkan foto HDR yang lebih vivid, lebih detail, dan minim blur baik di kondisi terang, minim cahaya, maupun perpaduan keduanya.

Noise yang biasa mengganggu saat mengambil gambar di minim cahaya bisa dikoreksi algoritma image signal processing (ISP) berbasis AI terbaru untuk mempertajam detail dan warnanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Galaxy s23 ultra 100 x zoom