Festival Gemarikan di Raja Ampat Resmi Dibuka

Jurnalis: Moh. Awin Macap
Editor: Naufal Ardiansyah

12 Oktober 2023 15:22 12 Okt 2023 15:22

Thumbnail Festival Gemarikan di Raja Ampat Resmi Dibuka Watermark Ketik
Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dan unsur Forkopimda saat membuka Festival Gemarikan. (Foto: Abhie/Ketik.co.id)

KETIK, RAJA AMPAT – Kegiatan Festival Gemar Makan Ikan Kabupaten Raja Ampat yang rencananya akan dilangsungkan selama tiga hari di area Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Kota Waisai telah resmi dibuka, Rabu (12/10/2023).

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Pangdam XVIII/Kasuari, Danlantamal XIV Sorong bersama Forkopimda dampingi Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dan Wakil Bupati, Orideko Iriano Burdam dengan menabu tifa secara bersamaan.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dalam sambutannya menyatakan bahwa, kegiatan festival tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap tahun.

Kata Bupati AFU, budaya mengkonsumsi ikan sejak dini merupakan satu upaya untuk menciptakan generasi emas Raja Ampat yang sehat dan cerdas.

"Karena terdapat kandungan gizi di dalam ikan, yang mana itu baik untuk pertumbuhan serta dapat merangsang kecerdasan berfikir," jelasnya.

Foto Tim OASE-KIM warnai pembukaan Festival Gemarikan di Raja Ampat.(Foto: Abhie/Ketik.co.id)Tim OASE-KIM warnai pembukaan Festival Gemarikan di Raja Ampat.(Foto: Abhie/Ketik.co.id)

Untuk diketahui, selain Festival Gemar Makan Ikan, terdapat dua festival lainya, yakni Festival Suling Tambur dan Festival Pesona Bahari. Digelarnya kegiatan Festival tersebut adalah satu upaya pemerintah daerah untuk menumbuhkembangkan kearifan lokal.

Selain itu, untuk mempertegas eksistensi seni budaya Raja Ampat sebagai identitas kepada khalayak ramai. Bahwa, bukan saja kekayaan alamnya yang tersohor, namun Raja Ampat juga kaya akan budayanya.

Usai pembukaan, para tamu undangan dipersilahkan untuk memilih ikan bakar segar yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara. (*)

Tombol Google News

Tags:

Festival Gemarikan Raja Ampat Papua Barat Daya Bupati AFU Budaya makan ikan