Gara-gara Pelita, Rumah La Sumbu di Desa Kupal Ludes Terbakar

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Marno

23 Juli 2023 13:53 23 Jul 2023 13:53

Thumbnail Gara-gara Pelita,  Rumah La Sumbu di Desa Kupal Ludes Terbakar Watermark Ketik
Kobaran api hanguskan rumah warga Desa Kupal (Foto Mursal/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Si jago merah hanguskan satu rumah milik warga Desa Kupal, Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halamahera Selatan, Minggu, (23/7/2023) pukul 18.15 WIT

Meski sempat dibantu tetangga memadamkan api  dengan menggunakan alat seadanya, rumah milik La Sumbu yang berdinding papan dan beratap setengah rumbia akhirnya rata dengan tanah. Berkat bantuan para warga, api tak menjalar ke pemukiman warga sekitar lainnya.

Dari hasil pantauan dan informasi yang dihimpun media ini, kebakaran diduga berawal dari sebuah pelita yang di nyalakan Wa Sobe, Ibu La Sumbu yang hendak menerangi ruang dapur akibat listrik yang  padam.

Foto Kerumunan warga membantu memadamkan api (Foto Mursal)Kerumunan warga membantu memadamkan api (Foto:  MursalKetik.co.id))

"Kami menduga sumber api berasal dari pelita yang dinyalakan nenek Wa Sobe," kata Yahya, tetangga korban. Beruntung, Wa Sobe yang berada di dalam rumah saat kebakaran, dapat menyelamatkan diri.  

Dua unit mobil pemadam kebakaran Halamhera Selatan yang di kerahkan, hanya mampu memadamkan sisa kobaran api.  Kobaran api hanya berkisar 5 sampai 7 menit. Sedangkan mobil pemadam harus menempuh  jarak 6 kilometer dari kantor Dinas Pemadam ke lokasi kebaran. Akibat  kebakaran tersebut, kerugian ditafsir mencapai belasan juta rupiah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kebakaran rumah Desa Kupal Halmahera Selatan tak ada korban jiwa