Jadi Calon Kuat Pj Bupati Probolinggo, Begini Respons Sekda Ugas Irwanto

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Mustopa

22 September 2023 07:10 22 Sep 2023 07:10

Thumbnail Jadi Calon Kuat Pj Bupati Probolinggo, Begini Respons Sekda Ugas Irwanto Watermark Ketik
Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto yang namanya santer bakal terpilih jadi Pj Bupati Probolinggo,Foto: Tunjung Mulyono/Ketik.co.id

KETIK, PROBOLINGGO – Jelang berakhirnya masa jabatan Bupati Probolinggo,HA Timbul Prihanjoko pada Minggu (24/9/2023) pekan ini. Nama Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo sudah ramai diperbincangkan. Bahkan sudah ada bocoran bahwa jabatan tersebut akan diisi Sekda Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto. 

Nama Ugas Irwanto tidak asing di telinga masyarakat Kabupaten Probolinggo, khususnya di lingkungan Pemkab Probolinggo. Pasalnya nama mantan Camat Sumberasih dan Kepala Bakesbangpol itu sudah santer diprediksi bakal mengisi jabatan Pj Bupati yang ditinggal Bupati Timbul.

Dikonfirmasi, Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan bahwa hingga saat ini, ia belum menerima surat tugas atau mandat apapun dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. "Belum ada surat tugas apapun yang saya terima," katanya, Jumat (22/9/2023). 

Ugas mengetahui bahwa namanya dirumorkan menjadi salah satu dari 13 Pj kepala daerah di Jawa Timur. Namun, ia mengaku tetap akan menunggu kepastian.

"Kalau belum ada surat tugas resminya. Maka saya tetap seorang sekda biasa, dan akan tetap menjalankan tugas sebagaimana biasanya," sebutnya.

Namun, jika benar terpilih sebagai Pj Bupati Probolinggo, maka dia akan berkomitmen untuk melanjutkan program pembangunan yang sebelumnya telah dicanangkan oleh Bupati Timbul.

"Program kerja beliau yang sudah baik akan tetap kami lanjutkan. Itu telah menjadi komitmen bersama kami bersama dengan Forkopimda lainnya," tegasnya. 

Komitmen itu, disebutkan Ugas yakni terkait dengan program pengentasan kemiskinan, stunting, investasi usaha, dan pembukaan lapangan pekerjaan bagi warga kabupaten Probolinggo.

"Saya ingat betul program yang jadi komitmen bapak Bupati Timbul itu. Sehingga jadi kewajiban saya untuk menterjemahkan program pro rakyat kecil itu," sebutnya. 

Sekda Ugas juga mengatakan bahwa tantangan sebagai Pj Bupati tidak lah mudah. Karena tahun ini merupakan tahun politik, akan ada banyak kepentingan dari partai dan para calegnya. Sehingga menjadi sangat penting untuk mengawal suksesnya tahapan Pemilu, mulai dari Pileg, Pilpres, dan Pilkada tahun depan. 

"Mohon doanya, kalau memang saya ditakdir untuk menjadi Pj Bupati Probolinggo. Maka amanah itu akan saya emban sebaik yang saya bisa. Kalau pun nantinya ada kekurangan atau kesalahan, mohon tidak usah sungkan untuk menegur saya baik secara tertulis maupun langsung," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto probolinggo