Jarang Terjamah, Air Terjun Jurang Mandang Pacitan Indahnya Bikin Mlongo

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Marno

3 Juni 2023 11:33 3 Jun 2023 11:33

Thumbnail Jarang Terjamah, Air Terjun Jurang Mandang Pacitan Indahnya Bikin Mlongo Watermark Ketik
Suasana Jurang Mandang yang indah dan asri, diiringi gemericik air mengalir (Foto: Al Ahmad/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN Ada berbagai tempat di  Pacitan, Jawa Timur dengan panorama alam yang memanjakan mata belum terjamah wisatawan. Salah satunya yakni, Air Terjun Jurang Mandang yang terletak di Dusun Nglaos, Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Sebut saja namanya Jurang Mandang, diberikan nama itu lantaran memiliki keindahan yang menakjubkan saat dipandang mata. Pemandangan jurang air terjun nan indah, ditambah suasana alamnya yang masih asri.

Terdapat 3 buah kolam alami yang kerap dijadikan sebagai salah satu spot foto oleh wisatawan, pun dijadikan tempat menenangkan diri dari hiruk pikuknya dunia.

Foto Pamekasan Widi Lumaksono saat sedang istirahat di Air Terjun Jurang mandang usai berburu tupai (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Pamekasan Widi Lumaksono saat sedang istirahat di Air Terjun Jurang mandang usai berburu tupai (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Selain itu, disebelah atas, terdapat sumber air baku, yang dimanfaatkan warga setempat guna menyuplai air bersih untuk pusat perdesaan dan pertanian melalui selang-selang elastis.

"Tempatnya indah masih sangat alami, Apalagi dengan rimbunnya pohon pohon suasananya tenang, nyaman untuk bersantai atau istirahat," ujar Pamekas Widi Lumaksono, salah seorang warga yang tengah menembak tupai, Sabtu (3/6/2023).

Untuk sampai di sana, memerlukan waktu sekitar 8 menit dari pusat keramaian kota, kendaraan roda dua harus terlebih dahulu di parkir di rumah warga. Kemudian akan melewati jalan setapak dan licin. Jalan kaki dari rumah warga ke lokasi, memerlukan waktu sekitar 10 menit, dengan disuguhkan keindahan khas pedesaan sewaktu diperjalanan.

Kabar keindahan Jurang Mandang, sebetulnya sudah berlangsung sejak lama, namun lantaran akses yang belum memadai, masyarakat masih belum siap untuk menunjukkan ke khalayak ramai. 

Kepala Dusun Nglaos, Chairil Anwar (30) menegaskan, meski berpotensi jadi tempat wisata, namun kesiapan fasilitas dan sebagainya masih memerlukan banyak pertimbangan.

"Itu lokasinya masih cukup sulit, apalagi kalau jadi wisata, pasti di kunjungi banyak orang. Kita belum memiliki kesiapan keamanan, dan pengelolaan. Yang kita takutkan adalah, terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

Sementara ini, Kasun bersama pemuda setempat berencana fokus melakukan pelestarian, agar Jurang Mandang tetap terjaga keindahannya. Harapan kedepan, Desa Banjarjo juga memiliki tempat wisata seperti beberapa desa lainnya.

"Sementara pelestarian dulu, Kemarin bersama Karang Taruna juga sudah kami wacanakan. Harapannya kalau bisa seperti wisata Kali Klepu. Tetapi sepertinya masih jauh, apalagi sebagian tempat juga masih berbahaya, butuh banyak pertimbangan lagi," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata Alam Air Terjuan Jurang Mandang pacitan