Kebut Gerakan Penanaman Pohon, BPBD Jatim Gandeng Pemkot Kediri

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

9 Maret 2024 11:41 9 Mar 2024 11:41

Thumbnail Kebut Gerakan Penanaman Pohon, BPBD Jatim Gandeng Pemkot Kediri Watermark Ketik
Pelaksanaan penanaman pohon di Kediri (9/3/2024) (Foto: instagram @bpbd_kotakediri)

KETIK, KEDIRI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur kembali mengebut kegiatan penanaman pohon sebagai upaya mitigasi bencana. Kali ini dengan menggandeng Pemerintah Kota Kediri pada Sabtu (9/3/2024).

Penanaman tersebut dilakukan di sekitar TPU Klotok atau Bong Cina, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto. Beberapa pihak pun turut hadir, meliputi ratusan relawan, hingga jajaran pejabat setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Gatot Soebroto menyampaikan bahwa kegiatan tersebut memang dilakukan secara kolaboratif. Menurutnya dalam pencegahan terhadap bencana khususnya banjir tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja.

"Kegiatan penanaman pohon harus dilakukan secara kolaboratif dengan seluruh pihak. Baik dari jajaran pemerintah kabupaten atau kota, sekaligus para relawan," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut ia berharap dapat memulihkan vegetasi yang telah rusak akibat kebakaran hutan. Selain itu juga mencegah tanah longsor maupun bencana lain yang berdampak besar bagi masyarakat.

"Harapannya, tanaman ini bisa mengembalikan vegetasi yang rusak akibat Karhutla, mampu mencegah terjadinya longsor dan bisa memberi manfaat secara ekonomis," lanjutnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kediri Zanariah menjelaskan kegiatan penanaman pohon memberukan banyak manfaatbagi manusia an juga lingkungan. Ia pun berharap masyarakat dan seluruh pihak dapat komitmen dalam menjaga kelestarian alam.

"Aksi reboisasi ini sangat bermanfaat bagi pencegahan bencana dan juga pengembalian lahan rusak akibat karhutla. Kami sampaikan terimakasih telah membantu pembibitan dan telah berjibaku dalam menanam pohon," katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

BPBD Jatim Penanaman Pohon reboisasi Kota Kediri