MAI Pagaralam Dorong Kemajuan Ekonomi dan Kesejahteraan Petani

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Rudi

17 Mei 2023 06:06 17 Mei 2023 06:06

Thumbnail MAI Pagaralam Dorong Kemajuan Ekonomi dan Kesejahteraan Petani Watermark Ketik
Ketua Masyarakat Agribisnis dan Agroindustri Indonesia (MAI) Kota Pagaralam Nisdiarti (Foto; Al/Ketik/co/id)

KETIK, PAGAR ALAM – Masyarakat Agribisnis dan Agroindustri Indonesia (MAI) Kota Pagaralam terus berusaha mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta membantu kesejahteraan masyarakat dalam bidang pertanian.

MAI adalah mitra utama pemerintah dalam hal pengelolaan hasil pertanian, baik itu kopi sebagai komoditi utama juga sayuran, buah-buahan, multikultural dan lain-lain.

Melalui MAI petani dan para anggota yang tergabung nantinya akan dibantu mengembangkan hasil pertanian para petani. Mulai dari proses praproduksi, produksi hingga ke pemasaran.

Ketua MAI Kota Pagaralam Nisdiarti Rabu (17/5/2023) mengatakan, selain sebagai fasilitator juga bekerja sama di bidang pemasaran.

“Salah satu visi misi MAI untuk mengembangkan SDM melalui pelatihan, serta melakukan pengembangan kapasitas pemasaran, produksi, hingga kualitas,” ucap wanita yang akrab disapa Anis ini.

Siapa pun boleh bergabung dengan MAI, tambahnya. Dengan catatan, satu visi dan misi. Lanjut Anis, untuk membantu memasarkan produk, MAI juga bekerja sama dengan perusahan Prancis yang berada di Lampung. Sejauh ini keanggotaan MAI dari berbagai latar belakang profesi di antaranya akademisi (dosen), pengusaha, petani, dan lainnya.

“Dengan harapan, pelatihan yang kita lakukan bagi anggota MAI akan membantu kesejahteraan masyarakat dalam hal peningkatan penjualan hasil pertanian. Salah satu produk yang kita unggulkan yakni kopi,” tambah Anis seraya mengatakan MAI Kota Pagaralam terbentuk 16 Maret 2020 kemudian dibentuk koperasinya pada Mei 2020. (*)

Tombol Google News

Tags:

MIA Pelatihan masyarakat agrobisnis Agrowisata agroindustri