Manfaat Berharga dari Pramuka: Dari Kedisiplinan hingga Kepemimpinan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

14 Agustus 2024 12:30 14 Agt 2024 12:30

Thumbnail Manfaat Berharga dari Pramuka: Dari Kedisiplinan hingga Kepemimpinan Watermark Ketik
Fatimah. (Foto: Dok. Pribadi)

KETIK, SURABAYA – Sebagai kegiatan kepanduan, Pramuka mengajarkan banyak ketrampilan bagi para anggotanya. Oleh sebab itu tak heran jika Pramuka menjadi salah satu ekstrakulikuler yang cukup populer di sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA.

Seperti yang dirasakan oleh Fatimah, semasa duduk di bangku sekolah dasar dirinya mengaku cukup aktif mengikuti kegiatan Pramuka. Banyak pengalaman unik dan menarik saat mengikuti kegiatan Pramuka.

Salah satu yang cukup mengenang adalah saat dirinya mengikuti Perkemahan Regu Penggalang (Peruga). Dimana pada saat itu dirinya mengaku tidak bisa tidur karena cuaca sedang hujan deras, sehingga banyak air yang masuk ke tenda.

"Jadi dulu waktu ikut Peruga di Banyubiru aku dapet tenda terpal ditambah kontur tanahnya miring. Bertempatan dengan musim hujan juga, jadi banyak air yang masuk ke tenda," terang alumnus Fakultas Ushulu,ddin UINSA, Rabu (14/8/2024).

Lebih lanjut, dirinya menambahkan banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang didapat saat mengikuti Pramuka. Salah satunya terkait kedisiplinan, keberanian dan kepemimpinan yang cukup berpengaruh saat memasuki dunia kerja.

"Banyak hal dari Pramuka yang saya terapkan di hidup saya saat ini. Seperti keberanian, kedisiplinan yang sangat berpengaruh terhadap karir saya saat ini," tambah bujangan yang tinggal di Medaeng, Sidoarjo itu.

Foto Shinta. (Foto: Dok. Pribadi)Shinta. (Foto: Dok. Pribadi)

Hal senada juga diutarakan oleh Shinta, menurutnya Pramuka adalah salah satu ekstrakulikuler yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan diri. Karena di Pramuka kita diajarkan berbagai macam keterampilan, terutama yang berkaitan dengan soft skill.

"Jadi dulu saya ikut Pramuka waktu SMP, kebetulan waktu itu memang disuruh ayah saya. Pramuka sangat bagus untuk upgrade kemampuan diri katanya," ungkap alumnus Fisip Ubhara Surabaya itu.

Semenjak mengikuti Pramuka banyak pengalaman positif yang didapatkan, salah satunya bisa menambah jaringan melalui pertemuan dengan orang baru. Melalui hal tersebut dirinya mengaku belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang baru.

"Banyak manfaat yang saya dapatkan dari Pramuka, salah satunya kemampuan untuk berkomunikasi. Saya dulu termasuk orang yang sulit untuk berkomunikasi," papar wanita single yang tinggal di Trosobo, Sidoarjo itu.

Foto Aini . (Foto: Dok. Pribadi)Aini . (Foto: Dok. Pribadi)

Sementara itu, Aini juga menuturkan banyak manfaat positif yang didapatkan melalui kegiatan Pramuka. Pramuka melatih kedisiplinan, kemampuan bertahan hidup dan kemampuan bersosialisasi. Hal ini sangat penting karena soft skill tersebut sangat dibutuhkan di masyarakat saat ini.

"Hal positif dari Pramuka yang saya dapatkan adalah bagaimana bisa bertahan hidup di tengah tekanan kehidupan sosial saat ini," kata jurnalis di salah satu media di Surabaya itu 

Melalui Pramuka kita tidak hanya dididik untuk bersosialisasi, tetapi juga bagaimana mencintai alam sekitar dan ikut merawatnya. Salah satunya melalui kegiatan perkemahan dimana kita akak didekatkan dengan alam.

"Saat berkemah kita akan merasa dekat dengan alam, dan secara tidak langsung kita akan merasa untuk ingin menjaganya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Manfaat Pramuka Keterampilan Pramuka Pengalaman Perkemahan Pramuka Kedisiplinan Pramuka Kepemimpinan Pramuka Soft Skill Pramuka Pendidikan karakter