Mercy di Indonesia Ganti Perusahaan Induk, Diambil Alih Indomobil dan Inchape

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Rudi

2 April 2023 06:47 2 Apr 2023 06:47

Thumbnail Mercy di Indonesia Ganti Perusahaan Induk, Diambil Alih Indomobil dan Inchape Watermark Ketik
Mercedes Benz C200. (Foto: Mercedez-Ina.com)

KETIK, JAKARTA PT Indomobil Sukses International (Indomobil Grup) dan Inchape Motors Private Limited resmi ditunjuk Mercedes-Benz AG menjalankan perakitan dan distribusi mobil merek Mercedes-Benz di Indonesia. Nantinya, nama perusahaan yang menjalankan bisnis ini akan berubah.

Sebelumnya, ada dua perusahaan yang menjalankan bisnis Mercy di Indonesia, untuk urusan distribusi yaitu Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), dan Mercedes-Benz Indonesia (MBIna) untuk masalah perakitan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Kariyanto Hardjosoemarto, Head of Marketing Communications and Public Relations MBDI mengatakan induk perusahaan baru mereka di Indonesia sedang menyiapkan nama baru pengganti MBDI dan MBIna seiring pencaplokan oleh Indomobil dan Inchape.

"Nama PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dan PT Mercedes-Benz Indonesia ke depannya akan digantikan dengan nama perusahaan baru yang saat ini sedang dalam proses penyiapan oleh Inchcape dan Indomobil," kata Kariyanto melalui pesan singkat, Jumat (31/3).

Ia menegaskan yang berubah dari akuisisi tersebut hanya nama perusahaan, sedangkan struktur organisasi hingga karyawan tetap sama.

"Secara struktur, karyawan yang ada di dalamnya akan tetap sama, hanya nama perusahaannya saja yang berbeda," ucap dia.

Bisnis Mercedes-Benz di Tanah Air diambil alih secara penuh dengan tujuan memperkuat posisi merek asal Jerman tersebut dan mengembangkan bisnis mereka di dalam negeri.

Dalam proses akuisisi ini kedua perusahaan tersebut membentuk usaha patungan atau joint-venture untuk menjalankan kegiatan perakitan dan distribusi Mercedes-Benz di Indonesia.

Indomobil Grup merupakan perusahaan otomotif terbesar kedua di Indonesia setelah Astra International. Bisnis Indomobil meliputi manufaktur hingga retail untuk berbagai merek otomotif dari kelas menengah hingga premium.

Sementara, Inchape merupakan perusahaan distribusi, retail, dan layanan otomotif multinasional Inggris. Sebelum ini keduanya sudah bekerja sama, salah satunya pada pemasaran Jaguar, Land Rover di Indonesia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Indomobil Inchape