OJK Ajak Masyarakat Bondowoso Melek Keuangan Melalui Simolek

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Rudi

27 Februari 2023 08:04 27 Feb 2023 08:04

Thumbnail OJK Ajak Masyarakat Bondowoso Melek Keuangan Melalui Simolek Watermark Ketik
Simbolisasi pembukaan acara Edukasi Keuangan Simolek oleh OJK Jember, Bupati Bondowoso, dan DPR RI Komisi XI (Foto: Fenna/ketik.co)

KETIK, BONDOWOSO – Dewasa ini, penipuan keuangan online mulai marak terjadi, apalagi di zaman serba mudah mengakses segala kegiatan secara digital.

Menanggapi hal itu, OJK fokus pada program edukasi dan literasi terhadap masyarakat kabupaten yang berada di bawah pengawasannya.

Salah satunya Kabupaten Bondowoso. Senin (27/2/2023) pagi, OJK menyelenggarakan Edukasi Keuangan (Simolek Edutainment) bagi Masyarakat Umum Kabupaten Bondowoso. Ratusan masyarakat Bondowoso turut meramaikan acara Edukasi Simolek.

Acara Edukasi Keuangan Simolek ini dihadiri oleh Ketua OJK Jember Hardi Rofiq Nasution, Bupati Kabupaten Bondowoso KH. Salwa Arifin, dan DPR RI Komisi XI Zulfikar Arse Sadikin, S.IP, M.Si.

OJK telah melakukan survei pada Januari-Desember 2022 untuk mengukur literasi keuangan masyarakat. Hasil survei literasi keuangan semakin meningkat sejak tahun 2019. Pada tahun 2022 indeks literasi keuangan mencapai 83%, harapannya tahun ini dapat mencapai 90%. 

Untuk mencapai target tersebut, OJK terus melakukan program upaya edukasi yang dilakukan secara offline maupun online. Mengedukasi dan mengajak masyarakat agar memahami serta mengetahui resiko keuangan digital yang begitu marak adanya penipuan yang menyasar masyarakat.

Foto Antusias masyarakat Bondowoso mengikuti acara Edukasi Keuangan Simolek Edutainment (Foto: Fenna/ketik.co)Masyarakat Bondowoso antusias mengikuti acara Edukasi Keuangan Simolek Edutainment. (Foto: Fenna/ketik.co)

Ketua OJK wilayah Jember, Hardi Rofiq Nasution mengatakan, sasaran prioritas dari edukasi ini adalah pelajar dan santri, penyandang disabilitas, dan masyarakat daerah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal).

Tujuan OJK menyelenggarakan program ini semata-mata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. "Ini tujuannya tidak lepas dari meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Hardi Rofiq Nasution.

Sementara itu, Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin mengungkapkan momen kali ini sangat tepat di tengah-tengah banyaknya masyarakat yang  terjerat oleh kasus penipuan online. "Tentunya sangat tepat sekali adanya edukasi keuangan," ujar bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin.

Ia berterima kasih telah diadakannya edukasi keuangan yang diinisiasi oleh OJK, serta berharap ke depannya dapat memberi dampak positif terhadap masyarakat Bondowoso. "Semoga terselenggaranya acara ini dapat memberikan pengaruh dan manfaat yang baik bagi masyarakat Bondowoso," tuturnya.

Kemudian, DPR RI Komisi XI, Zulfikar Arse Sadikin, juga memberikan sambutannya. Ia berharap kedepannya kegiatan ekonomi masyarakat semuanya harus melewati lembaga keuangan, apalagi penggunaan teknologi semakin cepat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu edukasi keuangan agar masyarakat mengerti bertransaksi melewati lembaga keuangan dan mengikuti perkembangan teknologi.

Pada akhir sambutannya, Zulfikar Arse Sadikin secara resmi membuka acara Edukasi Keuangan (Simolek Edutainment).(*)

Tombol Google News

Tags:

Edukasi keuangan Bondowoso OJK