PLN NP Gandeng Warga Probolinggo Lestarikan Lingkungan Sekitar Pembangkitan

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

10 Juni 2023 10:19 10 Jun 2023 10:19

Thumbnail PLN NP Gandeng Warga Probolinggo Lestarikan Lingkungan Sekitar Pembangkitan Watermark Ketik
Pelajar dilibatkan dalam coastal cleanup yang diinisiasi PLN NP di sekitar Pantai Gringsing, Paiton, Kabupaten Probolinggo. (Foto: PLN NP)

KETIK, PROBOLINGGO Kepedulian PLN Nusantara Power (PLN NP) terhadap lingkungan ditunjukkan dengan menjaga kelestarian alam di sekitar pembangkitan. Salah satu komitmen itu dilakukan dengan coastal cleanup (CCU) atau bersih-bersih di Pantai Gringsing, Paiton, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (10/6/2023) pagi.

Menurut Direktur Operasi Pembangkit Batu Bara PLN NP, Rachmanoe Indarto, kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Bersih-bersih pantai ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia.

Dalam keterangan resmi yang diterima redaksi Ketik.co.id, PLN NP bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Pemkab Probolinggo.

“Selain membersihkan pantai, kami juga menanam 500 bibit cemara laut dan 500 bibit mangrove, serta transplantasi terumbu karang 1.000 fragmen karang,” kata Rachmanoe Indarto.

Aksi bersih pantai ini diharapkan bisa menjadi momentum untuk melestarikan lingkungan wilayah pesisir. Subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara ini juga berharap bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah menjelaskan aksi ini sebagai komitmen perusahaan menghijaukan Indonesia. Menurutnya, PLN NP telah menerapkan berbagai inovasi dan aksi dalam melestarikan lingkungan.

“HLH sedunia ini menjadi momen perusahaan untuk melestarikan lingkungan. Agenda besar PLN NP telah kami cantumkan, seperti inovasi dan kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan di sekitar unit pembangkit,” Ruly menjelaskan.

Salah satu komitmen inovasi perusahaan adalah cofiring dan pembangunan pembangkit energi bersih. Seperti pembangunan Pembangkitan Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mendorong perusahaan menghijaukan Indonesia.

Adapun Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto memberi apresiasi kepada PLN NP atas inisiasinya menggerakkan masyarakat pada aksi CCU di Pantai Gringsing.

“Saya memiliki harapan besar bahwa kegiatan ini tidak berhenti di sini. Semoga dapat menjadi pionir dan contoh yang baik bagi perusahaan lain, untuk menciptakan kegiatan serupa,” terang Ugas.

Tombol Google News

Tags:

PLN NP pembangkitan PLTS PLTU Paiton probolinggo