Positif Narkoba dan Diduga Pungli, Kajari Madiun Dicopot

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

9 Juni 2023 12:54 9 Jun 2023 12:54

Thumbnail Positif  Narkoba dan Diduga Pungli, Kajari Madiun Dicopot Watermark Ketik
Kajati Jatim Mia Amiati, Senin (13/3/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur Mia Amiati mencopot Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Madiun Andi Irfan Syafruddin yang positif mengkonsumsi narkotika. Hal itu terbongkar setelah Kejati Jatim melakukan tes urine dan pengambilan sampel rambut terhadap semua Kajari di Jawa Timur.

"Pengambilan tes urine ini dilakukan 12 Mei 2023 usai kunjungan Komisi III DPR RI ke Kejati Jatim. Semua Kajari menjalani pemeriksaan tes urine dari Polda Jatim," ucap Kajati Jatim Mia Amiati kepada Ketik.co.id, Jumat (9/6/2023).

Mia mengatakan dirinya lah yang berinisiatif untuk mengkroscek kesehatan dan pelanggaran para anggotanya se-Jatim. 

"Dalam rangka waskat, saya selaku Kajati berinisiatif untuk melaksanakan test urine dan rambut terhadap para Kajari se-Jatim. Diam-diam saya mengutus anggota yang bisa dipercaya untuk menghubungi Polda Jatim untuk berkoordinasi terkait pelaksanaan test urine," katanya.

Hasil test urine dan pengecekan sample rambut keluar keesokan harinya, 16 Mei 5 2023. Ternyata ada 1 orang yang dinyatakan positif menggunakan narkotika dengan bahan aktif Metamfetamina.

Berdasarkan data kode peserta test yang dinyatakan positif adalah atas nama Andi Irfan Syafruddin yang menjabat sebagai Kajari Kabupaten Madiun.

"Selanjutnya, saya selaku Kajati langsung melaporkan secara tertulis kepada pimpinan di Kejaksaan Agung dan memohon petunjuk," tuturnya.

Kesalahannya  tidak hanya mengkonsumsi narkotika, Andi diduga melakukan pungutan liat (pungli). Mia langsung memerintahkan Aswas Kejati Jatim untuk mengkroscek informasi itu, terutama, mengklarifikasi dugaan pungli.

"Respons saya selaku Kajati,  ketika mengetahui masih ada Jaksa nakal, saya menugaskan Aswas Kejati Jatim untuk segera mengklarifikasi atas dugaan adanya kenakalan dari jaksa atau TU tersebut," ungkapnya.

Terkait perbuatannya, Andi Irfan Syafrudin dipindahkan ke Badiklat Kejaksaan RI sebagai jaksa fungsional. Posisi Kajari Madiun digantikan Reopan Saragih sebagai pelaksana tugas (Plt). "Surat keputusan pencopotannya baru keluar Kamis (8/6/2023), dan saat ini Reopan Saeagih akan menjadi Plt Kejari Madiun," pungkas Mia.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Copot Kajari Madiun Kejati Jatim Konsumsi Narkoba Kajari Konsumsi Narkoba