Resmi Ditutup, MPLS SMAN 7 Halsel Langkah Awal Bentuk Karakter Siswa

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Naufal Ardiansyah

20 Juli 2023 17:47 20 Jul 2023 17:47

Thumbnail Resmi Ditutup, MPLS SMAN 7 Halsel Langkah Awal Bentuk Karakter Siswa Watermark Ketik
Pemberian penghargaan oleh Abdurrahman Puasa kepada peserta MPLS. (Foto: Mursal/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kabupaten Halmahera Selatan (SMAN 7 Halsel) resmi ditutup oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan (Wakasek) Abdurrahman Puasa Kamis (20/7/2023) di ruang aula SMA Negeri 7 Bacan Selatan.

MPLS yang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 17 Juli ini melibatkan 288 peserta calon siswa baru yang terdiri dari 145 calon siswa dan 143 calon siswi.

Abdurrahman dalam sambutan penutupan mewakili Kepala Sekolah meyampaikan, kegiatan MPLS merupakan kegiatan penting sekolah sebagai cikal bakal pembentukan karakter siswa.

Untuk itu, menurut Abdurrahman, perlu ada racikan dan formulasi khusus dalam perencanaan MPLS. Karena bagi Abdurrahman, menyusun dan merencanakan MPLS dalam waktu yang singkat bukanlah perkara yang mudah serta membutuhkan kerendahan hati agar mencapai hasil yang baik.

"Kegiatan MPLS tentu bukanlah perkara mudah dan bisa direncanakan dalam waktu singkat. Kegiatan yang hebat harus diracik dari perencanaan yang matang, kerendahan hati untuk bermusyawarah serta kemantapan dalam berkomunikasi agar mendapatkan hasil yang diinginkan," kata Abdurrahman.

Foto Dewan guru SMA 7 dan peserta Berpose bareng usai penutupan MPLS (Foto Mursal/Ketik.co.id)Dewan guru SMA 7 dan peserta berpose bareng usai penutupan MPLS. (Foto: Mursal/Ketik.co.id)

Terlepas dari itu, Guru multitalenta ini tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak di sekolah yang telah berpartisipasi dalam MPLS.

"Ucapkan terima kasih banyak tentunya kepada semua pihak di sekolah. Baik panitia kegiatan PPDB, seluruh panitia MPLS, OSIS, serta bapak ibu guru, dan para Narasumber yang ikut membimbing calon siswa kami kurang lebih tiga hari ini. Insha Allah bernilai Ibadah, tutur Abdurrahman

Sebelum mengakhiri sambutannya, yang dilanjutkan dengan memberi penghargaan kepada beberapa peserta MPLS, Abdurrahman mengajak peserta MPLS dan seluruh siswa SMA Negeri 7 Halmahera Selatan (Halsel) agar tetap semangat dan bersyukur dalam menuntut ilmu.

Ia berpesan, bagi tiap masyarakat sekolah untuk menjadikan sekolah sebagai rumah sendiri untuk cintai dan diurusi

"Jangan lupa bersyukur dan berucap terima kasih kepada kedua orang tua kalian, karena di zaman sekarang ini kesempatan untuk bersekolah itu mahal. Untuk tiga tahun ke depan tetaplah bersemangat dalam belajar, tumbuhkan motivasi dari dalam diri, dan petiklah banyak pengalaman agar dapat di terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ucapnya. 

"Kepada siswa-siswi SMA Negeri 7 Halmahera Selatan seluruhnya, tanpa terkecuali; majunya sekolah kita bukan bergantung hanya kepada Kepala Sekolah, bukan guru, bukan pemerintah, dan bukan pula penjaga sekolah. Majunya sekolah tercermin dari berkualitasnya para peserta didik," terangnya.

"Untuk itu, kalian tetaplah menjaga kekompakan, jauhi perselisihan, terus berkarya, dan jangan pernah menyerah untuk meningkatkan prestasi belajar," imbuhnya.

Ia menyebut, tiga tahun adalah waktu yang cukup lama. Tetapi jika tidak dimanfaatkan dengan baik, maka penyesalan yang ada bakal bertumpuk. Ia mengajak untuk menjaga dan merawat sekolah ini seperti rumah sendiri.

"Di sekolah ini kita bekerja dan menjemput rezeki, di sekolah ini kita belajar dan mencari pengalaman, Di sekolah ini kita terus menjadi pribadi yang lebih baik dan berkarakter," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

SMA Negeri 7 Halmahera Selatan Penutupan MPLS Wakasek Kesiswaan Abdurrahman Puasa