Sejumlah Kegiatan Pemdes Sawadai Mulai Dikerjakan Pertengahan Tahun Ini

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Mustopa

1 Agustus 2023 05:17 1 Agt 2023 05:17

Thumbnail Sejumlah Kegiatan Pemdes Sawadai Mulai Dikerjakan Pertengahan Tahun Ini Watermark Ketik
Muhlis H. Kadir Kepala Desa Sawadai (Foto Mursal/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Sawadai Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara melaksanakan sejumlah kegiatan pembangunan pada pertengahan tahun ini.

Kegiatan pembangunan tersebut mulai dari kegiatan fisik yang dananya bersumber dari dana desa dan sejumlah kegiatan desa yang penganggarannya melalui jalur koordinasi dengan pihak terkait lainnya.

Kepala Desa Sawadai, Muhlis H. Kadir kepada media ini mengatakan, kegiatan fisik desa yang tengah berjalan saat ini adalah pembuatan pagar desa ditambah kegiatan warga lainnya yang bersumber dari bantuan Dinas Sosial Halmahera Selatan.

"Jadi, selain pagar desa 150 meter dengan anggaran Rp 136,405,825 dengan sumber dana DDS, pertengahan tahun ini warga juga dapatkan bantuan dari Dinas Sosial berupa bantuan Kelompok Usaha Bersama atau Kube yang di dalamnya terdapat bantuan bagi petani gula aren dan tela pres yang dalam waktu dekat akan dieksekusi" Kata Muhlis, Selasa (1/8/2023)

Selain itu, Muhlis juga menyampaikan, dua pekan lalu Pemdes Sawadai juga telah melaksanakan pembagian Bantuan Tunai Langsung (BLT) kepada sejumlah warga penerima manfaat.

"Sebelum ikut studi banding kemarin di Sumedang, Pemdes Sawadai telah membagikan BLT tahap dua 2023 kepada 20 warga penerima manfaat BLT didampingi Pendamping Kecamatan Bacan Selatan, Babinsa, dan pihak lainnya," Ucap Muhlis.

Foto Dokumentasi pembagian BLT desa Sawadai dua pekan lalu (Foto Pemdes Sawadai/Ketik.co.id)Dokumentasi pembagian BLT desa Sawadai dua pekan lalu (Foto Pemdes Sawadai/Ketik.co.id)

Bagi Kades Sawadai, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan di desa memang berfokus pada anggaran desa. Namun, hal tersebut dapat lebih ditingkatkan dengan membangun jejaring dan relasi di dinas-dinas tertentu untuk dapatkan bantuan pembangunan.

"Banyak hal yang harus dilakukan. Tidak harus terlalu berfokus pada anggaran milik desa. Namun, perlu adanya relasi dan koordinasi di pihak terkait untuk dapatkan bantuan di luar dana desa untuk membangun desa," ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Muhlis seiring dengan beberapa bantuan bagi desa yang dipimpinnya, lewat hasil koordinasi di beberapa badan dinas di ruang lingkup Kabupaten Halmahera Selatan.

"Lewat koordinasi dan kerja sama dengan tujuan yang positif, alhamdulillah Desa Sawadai dapat bantuan. Salah satunya dari Dinas Ketenagakerjaan Halmahera Selatan berupa rabat beton, jalan tani, dan sejumlah bantuan lainnya yang insyaallah beberapa bulan ke depan ini akan direalisasikan," pungkas Muhlis.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemerintah Desa Sawadai Pembangunan desa pembagian BLT sejumlah bantuan dari Dinas terkait