Sering Jadi Pengganggu, Berikut Cara Hadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

11 April 2024 00:00 11 Apr 2024 00:00

Thumbnail Sering Jadi Pengganggu, Berikut Cara Hadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan Watermark Ketik
Ilustrasi dunia kerja. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Di dunia kerja selain gaji dan tunjangan, faktor lingkungan juga memberikan pengaruh besar bagi karyawan untuk loyal kepada perusahaan atau tidak. Faktor lingkungan ini salah satunya adalah terkait rekan kerja di perusahaan.

Jika rekan kerja kita baik dan suportif dalam bekerja, kemungkinan besar kita bisa merasa nyaman dan betah berlama-lama di tempat kerja.

Akan tetapi jika sebaliknya, dimana kita mendapatkan rekan kerja yang menyebalkan justru akan membuat kita tidak nyaman dalam bekerja.

Padahal mau tak mau di dunia kerja kita pasti akan berhubungan dengan rekan kerja terkait dengan kelancaran pekerjaan kita. Oleh sebab itu tak jarang karyawan memilih resign dikarenakan rekan kerja yang menyebalkan.

Berangkat dari hal tersebut, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kami berikan tips cara menghadapi rekan kerja yang menyebalkan.

1. Jangan memicu permasalahan terlebih dahulu

Sesebal dan semarah apapun kamu, usahakan untuk tidak membuat masalah terlebih dahulu. Jangan sampai anda hilang kendali dan melakukan tindakan yang buruk.

Jika hal ini terjadi, besar kemungkinan anda akan disalahkan , sehingga membuatmu akan merasakan hukuman yang setimpa.

2. Tegur jika mengganggu

Jika rekan kerja kita yang menyebalkan selalu bersinggungan dengan kita hingga menganggu pekerjaan kita, maka kita harus berani menegurnya. Mulai dengan menegur secara baik-baik.

Sampaikan bahwa apa yang dilakukannya menganggu kita. Dengan begitu, rekan kerja kita diharapkan bisa menyadari kesalahannya dan mau merubah sikapnya.

3. Bersikap tegas

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah bersikap tegas dengan rekan kerja yang mengganggu. Salah satunya adalah dengan menegur dengan lebih keras lagi supaya dia mau berubah.

Kemungkinan ketika ditegur secara keras, rekan kerja kita akan membantah dan melawan kita. Jika hal itu terjadi, maka kita harus berani melawan ataupun berdebat dengannya.

4. Pelihara stok kesabaran

Apabila rekan kerja kita tidak mau berubah dan tetap menyebalkan, maka kita yang harus menebalkan perasaan kita dan menambah batas kesabaran.

Jika kita tidak bisa demikian, maka kita bisa menjadi sakit hati. Selain itu, apabila kita kehabisan kesabaran, kita bisa hilang akal dan melakukan hal-hal yang bisa merugikan diri kita sendiri.

5. Jaga jarak

Apabila memungkinkan, kita harus menjaga jarak dengan rekan kerja yang menyebalkan. Kurangi komunikasi dan interaksi dengannya agar kita tidak dibuat kesal oleh tingkah lakunya. Cara ini merupakan cara yang paling aman agar kita tidak mendapat masalah.(*)

Tags:

Lowongan Kerja Duniq Kerja Rekan Kerja Menyebalkan Tegur Tegas jaga jarak