Turis di Bali Dilarang Sewa Motor

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

13 Maret 2023 13:24 13 Mar 2023 13:24

Thumbnail Turis di Bali Dilarang Sewa Motor Watermark Ketik
Ilustrasi turis asing yang sewa sepeda motor, sering langgar aturan lalu lintas (Foto: Humas Polda Bal)

KETIK, DENPASAR – Karena banyaknya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh turis asing, Pemerintah Daerah Bali akan mengesahkan aturan yang salah satu isinya bakal melarang turis asing di Pulau Dewata untuk menyewa motor. 

Berdasarkan data Polda Bali, dalam satu minggu, terdapat 171 pelanggaran lalu lintas yang dilakukan warga negara asing (WNA) di Bali. Angka tersebut sangat tinggi, padahal hanya dalam periode satu minggu.

Menurut Gubernur Bali, I Wayan Koster, wisatawan manca negara atau turis asing akan dilarang menyewa sepeda motor. Aturan larangan tersebut bakal disahkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Bali, di mana turis asing nantinya akan menggunakan mobil dari travel untuk bepergian atau jalan-jalan di Pulau Dewata.

"Yang pertama mengenai kepariwisataan Bali, jadi sudah ada Peraturan Gubernur (Pergub) Bali, mengenai tata kelola pariwisata Bali. Jadi para wisatawan itu, tidak dibolehkan lagi, menggunakan sepeda motor atau apa yang bukan dari travel agent," jelas Koster di Kantor Kemenkumham Bali, Minggu (12/3).

Aturan itu, kata Koster, membuat turis asing tidak diizinkan lagi meminjam atau menyewa sepeda motor. Penerapan aturan ini bakal dilakukan tahun ini. Koster menekankan, saat ini Bali sedang berbenah.

"Jadi minjam atau nyewa (sepeda motor) tidak dibolehkan lagi. Kenapa sekarang diterapkan, karena kalau waktu pandemi Covid-19, tidak mungkin, turisnya tidak ada, sekarang mulai ditata," ujarnya.

Di sisi lain, Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra, menegaskan, pihaknya siap menindak para turis asing yang ugal-ugalan dan melanggar aturan lalu lintas. Polda Bali juga memberikan edukasi kepada pemilik rental kendaraan yang menyewakan motornya kepada turis asing.

Sementara itu, aturan larangan turis asing menyewa sepeda motor, menurut Ketua Perhimpunan Rental Motor (PRM) Bali Dedek Warjana dianggap tergesa-gesa. Dia khawatir kebijakan itu malah akan mematikan bisnis warga lokal.(*)

Tombol Google News

Tags:

Turis asing. Dilarang sewa motor di Bali