Ini 10 Tempat Merayakan Malam Tahun Baru 2024 di Malang Raya

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

31 Desember 2023 14:31 31 Des 2023 14:31

Thumbnail Ini 10 Tempat Merayakan Malam Tahun Baru 2024 di Malang Raya Watermark Ketik
Alun-alun Tugu Malang menjadi salah satu tempat merayakan Tahun Baru. (Foto: dok ig Abdil)

KETIK, MALANG – Malang Raya memiliki berbagai destinasi menarik yang bisa digunakan untuk menghabiskan malam tahun baru 2024. Banyak kegiatan mulai dari hiburan, pengajian, doa bersama hingga tasyakuran.

Maka dari itu, Malang Raya menjadi pilihan tepat bagi wisatawan dan masyarakat yang ingin merayakan perayaan tahun Baru. Terlebih ada beberapa destinasi wisata yang juga digunakan untuk merayakan tahun baru.

Di bawah ini, ketik.co.id memiliki 10 rekomendasi tempat merayakan tahun baru di Malang Raya.

Kayutangan Heritage

Kayutangan Heritage menjadi ikon baru Kota Malang. Banyak kegiatan yang diselenggarakan di Kayutangan Heritage tersebut. Mulai dari panggung hiburan, hingga kesenian tradisional.

Pada malam tahun Baru 2024 kali ini, Kayutangan Heritage di Kota Malang tersebut jadi salah satu destinasi keramaian. Akan ada banyak warga yang menghabiskan malam tahun Baru di tempat ini

Karena di tempat tersebut banyak spot foto yang menarik untuk diupload di Instagram maupun berbagai media sosial lainnya. Sehingga, banyak warga yang akan berfoto ria di tempat tersebut.

Balaikota Malang atau Alun-alun Tugu

Balaikota Malang yang satu kawasan dengan Alun-alun Tugu, menjadi tempat perayaan tahun Baru 2024. Di tempat tersebut, Pemkot Malang juga mengadakan kegiatan pergantian tahun.

Tampak terdapat panggung megah yang nantinya akan digunakan untuk aneka hiburan pergantian tahun baru. Selain itu, taman di Alun-alun Tugu Malang juga sudah terpasang pagar.

Pagar itu terpasang, agar pengunjung masyarakat yang merayakan tahun baru di tempat tersebut tidak menginjak tanaman maupun rerumputan. Ini sebagai upaya melindungi tanaman di tempat itu.

Alun-alun Kota Malang

Sudah dipastikan bahwa Alun-alun Kota Malang akan dipadati masyarakat pada pergantian tahun baru 2024. Pasalnya, untuk merayakan tahun baru di tempat tersebut sangat murah meriah.

Cukup merogoh kocek sebesar Rp 2000 untuk parkir kendaraan sepeda motor dan Rp 4000 untuk mobil, bisa merayakan tahun baru dengan harga terjangkau. Selain itu, bisa menikmati aneka jajanan yang dijual di sekitar tempat tersebut.

Jalan Ijen Kota Malang

Jalan Ijen Kota Malang menjadi favorit untuk mengadakan perayaan pergantian tahun baru. Dapat dipastikan  tempat tersebut sangat ramai ketika malam pergantian tahun baru 2024.

Suasana Jalan Ijen Kota Malang yang sudah dipagari untuk perayaan Tahun Baru.(Foto : dok x Yusuf Gunawan)

Pemkot Malang juga tampak telah memasang pagar di taman. Tujuannya, agar rumput dan tumbuhan hijau tidak dirusak maupun diinjak ketika pergantian malam tahun Baru.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan, ketika merayakan pergantian tahun baru 2024 di Jalan Ijen Kota Malang tersebut.

Jalan Suhat Kota Malang
Jalan Soekarno-Hatta atau dikenal sebagai Suhat merupakan kawasan ramai. Saat malam tahun baru, kawasan ini selalu dipenuhi warga.  Sembari menunggu momentum pergantian tahun, masyarakat bisa kulineran di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta.

Biasanya, diselenggarakan pagelaran musik untuk menghibur pengunjung. Juga terdapat beberapa cafe yang buka hingga larut malam ketika malam pergantian tahun baru 2024.

Alun-alun Kota Batu

Bergeser ke Kota Batu, masyarakat bisa merayakan malam tahun baru di Alun-alun Kota Batu. Kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kota Batu. 

Sembari menunggu momentum pergantian tahun, pengunjung bisa naik wahana bianglala yang ikonik atau berburu kuliner.  Kuliner yang tidak boleh dilewatkan di  Alun-alun Batu adalah Pos Ketan Legenda 1967.

Sesuai namanya, ketan susu aneka toping ini sudah berdiri sejak 1967 sehingga menjadi salah satu kuliner ikonik di Kota Batu. Diketahui juga Pemkot Batu mengadakan kegiatan doa bersama di Masjid dekat dengan Alun-alun Kota Batu.

Bukit Bintang

Masih di Kota Batu, Bukit Bintang juga menjadi pilihan untuk merayakan pergantian tahun baru. Tempat tersebut menjadi jujugan muda-mudi dan keluarga untuk menikmati keindahan alamnya.

Di tempat tersebut, dapat menyaksikan keindahan alam langit berupa bintang, apabila cuaca mendukung dan tidak mendung. Di sekitar tempat tersebut juga terdapat aneka kuliner dengan harga terjangkau.

Pasar Induk Among Tani

Pasar Induk Among Tani merupakan destinasi favorit belakang ini. Pasar terbesar se Indonesia tersebut sebelumnya sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini.

Di tempat ini, juga dilakukan untuk perayaan tahun Baru. Sedangkan acara yang dilakukan di tempat tetap diketahui adalah doa bersama dan sekaligus tasyakuran pada malam tahun Baru.

Pantai Balekambang

Selain di perkotaan, kamu bisa merayakan tahun baru di pantai. Salah satunya adalah Pantai Balekambang yang berlokasi di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Pantai populer di Malang ini, kerap disebut mirip Tanah Lot di Bali. Sebab, Pantai Balekambang memiliki Pura Amertha Jati yang berada di pulau karang, yang bernama  Pulau Ismoyo. 

Untuk menuju ke pulau tersebut, pengunjung harus menyeberangi jembatan sepanjang 70 meter. Sembari menunggu malam pergantian tahun, wisatawan bisa menikmati keindahan Pantai Balekambang.

Stadion Kanjuruhan

Masih di Kabupaten Malang, Stadion Kanjuruhan di Kepanjen menjadi tempat pusat keramaian saat tahun baru 2024. Meski tempat tersebut pada 2022 terjadi tragedi yang menewaskan 135 Aremania, tapi tetap jadi jujugan saat tahun baru.

Berbagi kegiatan bisa dilakukan saat tahun baru 2024 di tempat tersebut. Diantaranya, dapat menggunakan kendaraan hias, hingga menikmati aneka makanan yang dijual di tempat tersebut. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Tahun baru 2024 Malang Raya Kabupaten Malang Kota Malang Kota Batu