Libur Nataru, Kota Batu Mulai Ramai Wisatawan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

23 Desember 2023 05:09 23 Des 2023 05:09

Thumbnail Libur Nataru, Kota Batu Mulai Ramai Wisatawan Watermark Ketik
Kondisi lalulintas Kota Batu di Jalan Pattimura. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Libur perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) telah dimulai, Wisatawan juga telah nampak berbondong bondong memasuki Kota Wisata Batu Jawa Timur.

Pantauan ketik.co.id, Sabtu (23/12/2023), dari arah Kediri melalui Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, telah terlihat kepadatan kendaraan yang akan memasuki Kota Wisata Batu.

Begitupun Jalur masuk Kota Batu dari arah Karangploso Kabupaten Malang melalui Jalan Raya Soekarno Desa Pendem juga terpantau ramai kendaraan roda empat. 

Petugas dari TNI Polri, Dishub, Satpol PP dan relawan juga sudah bersiap memantau lalulintas di beberapa pos. Seperti di Pos Pengamanan Pertigaan Pendem dan di Pos Pengamanan Perempatan Pesanggrahan. 

"Kita ada pos pemantauan Lalu lintas. dari situlah nanti bisa mengambil langkah seperti apa yang harus dilakukan ketika terjadi macet," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Agoes Mahmoedi.

Agoes menguraikan, Dishub Kota Batu menyiapkan 30 kamera Pengawasan lalulintas untuk mengawasi padatnya lalulintas pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa skema untuk memecah kemacetan. Seperti, mengoptimalkan jalur alternatif, buka tutup ruas jalan dan rekayasa lalulintas.

"Skema lain yang dilakukan Pemkot supaya tidak terjadi kepadatan. Yaitu seperti memecah konsentrasi acara malam tahu baru tidak hanya di Alun Alun tetapi rencana juga di Pasar Induk Among Tani," jelasnya.

Tidak hanya itu, Agoes menyampaikan, pihaknya bersama Polres Batu juga telah melakukan simulasi jalur satu arah atau one way di jalan raya Ir Soekarno dan Pattimura. Yang mana jalan tersebut merupakan jalur utama masuk ke Kota Wisata Batu. 

"Kemarin sudah dicoba simulasi one way di jalan Ir Soekarno dan Pattimura, itukan solusi akhir kalau solusi lain belum optimal dalam mengurai kemacetan," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu liburan Wisata Nataru 2024