8 SMPN di Magetan Nol Pendaftar Jalur Zonasi, Begini Kata Kadin Dikpora

Jurnalis: Ian Alfatih
Editor: Eko Suprayitno

26 Juni 2023 08:30 26 Jun 2023 08:30

Thumbnail 8 SMPN di Magetan Nol Pendaftar Jalur Zonasi, Begini Kata Kadin Dikpora Watermark Ketik
Screenshot laman PPBD Magetan yang menunjukkan data jalur zonasi di SMPN 2 Sukomoro nol pendaftar yang diakses pada Senin, 26 Juni 2023. (foto: Wahyu Budianto)

KETIK, MAGETAN 8 SMPN di Magetan Nol Pendaftar Jalur Zonasi, Begini Kata Kepala Dinas Pendidikan

Delapan SMPN di Magetan tak memiliki pendaftar dari jalur zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Dilansir ketik.co.id dari laman ppdb.magetan.go.id pada Senin, 26 Juni 2023 pukul 11.31 delapan SMPN di Magetan yang nol pendaftar jalur zonasi yakni SMPN 2 Sidorejo, SMPN Satu Atap Poncol SMPN 2 Parang, SMPN 3 Parang, SMPN 2 Lembeyan, SMPN 2 Sukomoro, SMPN 2 Bendo dan SMPN 1 Takeran.

Kondisi itu membuat puluhan pagu disetiap sekolah kosong. Bahkan 96 dari pagu jalur zonasi yang disiapkan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Magetan kosong tak berpenghuni.

Sejumlah sekolah besar seperti SMPN 1 Takeran dan SMPN 2 Parang yang masing-masing memiliki pagu zonasi 96 hingga PPDB di tutup pada 17 Juni 2023 lalu masih nol pendaftar.

Tak hanya menyisakan nol pendaftar, jalur zonasi PPDB Magetan juga menyisakan 20 SMPN di Magetan yang gagal memenuhi pagunya.

Dikonfirmasi Kepala Dinas Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Magetan Suwata mengatakan jika semua SMPN di Magetan mendapat murid, kendari ada beberapa SMPN yang tak memiliki pendaftar saat jalur zonasi.

‘’Tidak benar SMPN tidak dapat murid, semua dapat murid, data ada di bidang

(bidang pendidikan dasar),’’ katanya

Meski begitu Suwata tak memerinci berapa jumlah murid baru di delapan SMPN tersebut, dan meminta wartawan media ini untuk ke Bidang Dikdas Dikpora Magetan.

Dikonfirmasi ke Dikdas Dikpora Magetan terkait jumlah  siswa baru di delapan SMPN Magetan saat PPDB tahun ini, Kabid Dikdas Irawan tak berada di tempat, sementara resepsionis menginformasikan jika kasi yang menanganinya tak berkenan memberikan statement.

‘’Mohon maaf kasinya tak berkenan memberikan statement, langsung ke pak kabidnya saja,’’ kata resepsionis perempuan usai menelepon bagian Dikdas.(*)

Tombol Google News

Tags:

PPBD Magetan 2023 Jalur Zonasi Nol Pendaftar SMPN 2 Sukomoro SMPN 2 Bendo SMPN 1 Takeran Magetan Hari Ini