Alasan Kenapa Diperlukan KTP saat Check in Hotel

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

16 Oktober 2023 21:36 16 Okt 2023 21:36

Thumbnail Alasan Kenapa Diperlukan KTP saat Check in Hotel Watermark Ketik
Ilustrasi proses check in di hotel. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi kamu yang suka bepergian atau travelling pasti sering menginap di hotel untuk bermalam. Saat tiba di hotel dan melakukan Check in, recepsionist hotel pasti meminta identitas kita seperti KTP.

Selain dilakukan untuk mengisi data diri anda. Ternyata ada alasan lain kenapa setiap Check in anda perlu memberikan KTP. Padahal hal ini masuk dalam ranah privasi. Oleh sebab itu berikut ini kami berikan ulasannya, jangan lupa disimak

1. Konfirmasi kehadiran tamu

Menunjukkan identitas diri, seperti KTP, bertujuan untuk mengkonfirmasi kehadiran tamu. Resepsionis hotel perlu memastikan apakah pemesan kamar dan tamu check in merupakan orang yang sama. Pasalnya, hanya tamu yang reservasi saja yang bisa check in.

 

2. Demi keamanan

Keharusan menyerahkan identitas saat check in pun bertujuan untuk meminimalisir kecurangan oleh oknum tamu hotel. Pasalnya, bisa saja tamu yang datang bukan pemesan kamar hotel. 

Di samping itu, pendataan KTP saat check ini pun berkaitan dengan faktor keamanan. Kalau data diri tercantum di data hotel, akan lebih mudah untuk menelusuri jika ada suatu hal yang janggal. 

 

3. Bahan analisis hotel

Alasan kenapa check in hotel perlu KTP bisa pula sebagai pendataan tamu. Data ini nantinya dapat digunakan oleh pihak hotel sebagai bahan analisis dan evaluasi kinerja. Misalnya, untuk menggelar promo atau hal lainnya. Namun, tenang, seluruh data tamu tersebut akan dirahasiakan, kok.(*)

Tombol Google News

Tags:

hotel travelling Check in ktp Identitas Keamanan Receptionist