Yuk Cicipi Soto Tangkar yang Spesial di Holiday Inn Express Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

7 September 2024 10:30 7 Sep 2024 10:30

Thumbnail Yuk Cicipi Soto Tangkar yang Spesial di Holiday Inn Express Surabaya Watermark Ketik
Nikmatnya Soto Tangkar khas Betawi di Holiday Inn Express. (Foto: Instagram @holidayinnexpresssby)

KETIK, SURABAYA – Soto Tangkar adalah hidangan khas Betawi yang berupa soto berbahan dasar iga sapi. "Tangkar" dalam bahasa Betawi berarti iga sapi, yang menjadi komponen utama dalam soto ini.

Soto Tangkar memiliki kuah santan dengan bumbu yang kaya rempah. Awalnya, Soto Tangkar adalah makanan rakyat jelata di masa penjajahan Belanda, ketika masyarakat hanya mampu membeli bagian tangkar atau iga dari sapi.

Sekarang, soto ini menjadi salah satu kuliner tradisional Betawi yang populer karena rasa kuahnya yang gurih dan lezat.

Bagi warga Surabaya yang ingin menikmati soto tangkar spesial, tak perlu jauh ke Jakarta, cukup mampir ke Hotel HolidayInn Express yang terletak di Jalan Kedung Doro No 54-58 Sawahan Surabaya.

Dijelaskan oleh Chef Jatmiko Chef de Partie Holiday Inn Express Surabaya bahwa menu spesial di September ini adalah soto tangkar.

"Soto tangkar kami cukup menjadi favorit, kami launcing menu ini sebagai menu of the month bulan Agustus dan September. Daging yg empuk dan kuah rempah kental yg menjadi kesukaan para customer resto kami," jelasnya pada Ketik.co.id pada Sabtu 7 September 2024.

Chef Jatmiko menambahkan bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat soto khas Betawi ini mulai dari bawang merah, bawang putih,kemiri,kunyit,jahe dan rempah-rempah lainnya.

"Beberapa bahan pelangkap sayuran sperti wortel,tomat,kol dan disajikan dengan nasi, jeruk nipis dan emping," ujarnya.

Soto Tangkar miliknya ini memiliki cita rasa yang lebih berani dibandingkan tempat-tempat yang lainnya.

"Rasa khas kaldu sapi bertemu dengan campuran rempah khas Betawi. Dengan kuat kental berwarana coklat kekuning- kuningan ditambah bahan pelengkap sayuran, membuat soto ini sangat digemari," ucap Chef Jatmiko.

Untuk harga setiap porsi Rp 78 ribu++, soto tangkar di Holiday Inn Expres ini hanya tersedia pada masa promosi Agustus hingga September, tersedia mulai pukul 10.00-22.00 WIB di Great Room Resto. Yuk merapat.

Tombol Google News

Tags:

Soto tangkar Holiday Inn Express hotel Hotel Holiday Inn Express soto khas Betawi soto kaya rempah