Anas Urbaningrum Bebas dari Penjara, Ditagih Janjinya Gantung di Monas

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Marno

11 April 2023 06:25 11 Apr 2023 06:25

Thumbnail Anas Urbaningrum Bebas dari Penjara, Ditagih Janjinya Gantung di Monas Watermark Ketik
Anas Urbaningrum disambut masyarakat dan kader HMI ketika bebas dari penjara. (Foto: Ias Abdullah/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Setelah menjalani hukuman 9 tahun penjara, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum bakal menghirup udara bebas, Selasa (11/4/2023).

Anas yang juga didenda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan dalam perkara korupsi Wisma Atlet Hambalang itu keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung pada  pukul 14.00 hari ini.

Kebebasan Anas yang juga mantan ketua umum HMI ini bakal disambut ribuan simpatisan yang mengenakan dress code baju putih di Lapas Sukamiskin. Hal ini disampaikan Ketua Sobat Anas Urbaningrum, Gede Pasek yang juga ketua umum Partai Kebangkitan Nusantara itu. 

Menurut Pasek, Anas akan kembali ke dunia politik bergabung dengan partainya dan siap buka-bukaan kasus korupsi Wisma Atlet Hambalang.

Setelah bebas dari penjara, Anas Urbaningrum akan menyampai pidato politik di depan simpatisannya. "Mas Anas akan memberikan kejutan pada pidatonya. Mas Anas tidak punya urusan dengan AHY, tapi memiliki agenda khusus dengan SBY," tegas Koordinator Nasional Sahabat Anas, Muhammad Rahmad seperti dikutip Tempo.co.id.

Anas bersama rombongan akan buka puasa di Rumah Makan Ponyo, Cinunuk, dilanjutkan salat tarawih dan berdiskusi dengan simpatisan hingga pukul 21.00 WIB.

Setelah selesai salat tarawih dan bersilaturahmi dengan para simpatisan, Anas akan sungkem ke Ibundanya di Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Diperkirakan Anas tiba di Kota Nanas itu pada Rabu (12/4/2023), sekitar pukul 13.00.

Selama di Blitar Anas akan memanfaatkan waktu untuk kangen-kangenan dengan sang ibu yang sudah sepuh dan keluarga. Bahkan untuk wawancara dengan wartawan Anas meminta sang adik yang juga politisi Anna Luthfie untuk mewaikilinya.

Setelah di Blitar beberapa hari, Anas akan lebih banyak beraktivitas di Jakarta dan wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas).

Menjelang kebebasan Anas, ada nitizen yang menagih kembali janji Anas yang siap digantung di Monas (Monumen Nasional) Jakarta jika terbukti melakukan korupsi.

"Tolong diberitahukan ke Anas Urbaningrum untuk menepati janjinya yang mau digantung Monas. Semoga janji beliau terealisasi," tulis akun Instagram@mualanm mengomentari unggahan akun Instagram @hmi.co soal Welcome back Kanda Anas Urbaningrum, Selasa (11/4/2023).

Janji Anas itu sampaikan sebelum didakwa bersalah atas kasus korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, tahun 2010-2012.(*)

Tombol Google News

Tags:

Anas Urbaningrum korupsi Hambalang digantungdi Monas