Anies Baswedan Silaturahmi ke Ponpes Nderesmo Surabaya, Kantongi 5 Cawapres NU

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

10 Agustus 2023 13:13 10 Agt 2023 13:13

Thumbnail Anies Baswedan Silaturahmi ke Ponpes Nderesmo Surabaya, Kantongi 5 Cawapres NU Watermark Ketik
Anies Baswedan dan Gus Muhasin di Ponpes At Tauhid Sidoresmo Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Anies Baswedan melakukan silaturahmi ke Ponpes At Tauhid Sidoresmo Surabaya karena para kiai tersebut menyatakan dukungan untuk Capres 2024. 

KH Nasirul Mahasin Nursalim atau Gus Mahasin menyatakan ada empat hasil musyawarah yang disepakati oleh para kiai yang hadir pada Khataman Al-Quran dan Tirakatan pada Kamis, (10/8/2023). 

Sekitar 200-an kiai dan gus se-Jawa Timur mengusulkan lima nama bakal calon wakil presiden (Cawapres) RI antara lain Yenny Wachid, AHY, Cak Imin atau Gus Muhaimin, Khofifah Indar Parawansa dan Mahfud MD. 

K.H. Nasirul Mahasin Nursalim menjelaskan dirinya yakin Anies Baswedan memiliki perbuatan hati, ucapan, dan tingkah laku untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ajaran- ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah versi NU. 

"Kami yakin Pak Anies memang seorang dengan amaliyah ahlusunah waljamaah (aswaja). Anies itu minna (dari golongan kita)," kata Kakak Gus Baha tersebut. 

Gus Mahasin menghadiahkan secara langsung Risalah Sidoresmo yang berisikan usulan bakal cawapres tersebut diserahkan secara langsung kepada Anies Baswedan. 

Namun, menurut Gus Muhasin siapa pun yang akan dipilih, peserta musyawarah mengembalikan keputusannya kepada Anies Baswedan sendiri. 

Dirinya berharap Anies yang memiliki darah sebagai nahdliyin dan ditambah dengan cawapres dari nahdliyin berpihak secara konkret terhadap dunia santri dan pesantren. 

"Dari semua calon, hanya Pak Anies Baswedan yang memiliki bukti nyata dalam dunia pendidikan. Jadi, kami para kyai ini lebih mempercayai Pak Anies untuk kami titipi santri-santri kami dan pesantren agar mereka menjadi lebih cerdas dan sejahtera," ujar Gus Mahasin. 

Foto Kedatangan Anies Baswedan disambut oleh Pengasuh Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Kedatangan Anies Baswedan disambut oleh Pengasuh Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Anies Baswedan mengungkapkan apresiasi dan terima kasih, dan Ia menekankan agar pemerintah meningkatkan perhatian terhadap dunia santri. 

"Pesantren ini sudah ratusan tahun berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka. Karena itu, pemerintah harus memberikan keberpihakan secara konkret kepada santri dan pesantren," ucap Anies. 

Saat Anies ditanya peluang Yenny Wahid sebagai cawapres terkuat? Anies hanya senyum saja. 

"Ya, pokoknya mengerucut ke lima nama. Ya saya bilang terima kasih, ini bagian dari nasihat mereka memberi kriteria lalu mengusulkan nama-nama. Kami terima kasih, Insyaallah nanti memudahkan," katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Anies Baswedan Capres 2024 cawapres NU At Tauhid Sidoresmo Gus Mahasin Cawapres NU