Arena Rakernas Jadi Kongres II SMSI, Firdaus Terpilih Lagi Jadi Ketua Umum

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Mustopa

31 Juli 2024 05:14 31 Jul 2024 05:14

Thumbnail Arena Rakernas Jadi Kongres II SMSI, Firdaus Terpilih Lagi Jadi Ketua Umum Watermark Ketik
Ketua SMSI Jatim Makin Rahmat (paling kanan) bersama peserta Rakernas sekaligus Kongres II SMSI di Hotel The Jayakarta, Glodok, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)

KETIK, SIDOARJO – Rapat Kerja Nasional Serikat Media Siber Indonesia (Rakernas SMSI) berlangsung dinamis di Hotel The Jayakarta, Glodok, Jakarta Utara. Mayoritas peserta rakernas menyetujui laporan pengurus SMSI Pusat pimpinan Ketua Umum SMSI Firdaus. Firdaus pun diminta secara aklamasi bersedia memimpin lagi SMSI periode 2024-2029.

Rakernas SMSI itu dibuka Ketua Dewan Pers Dr Hj Ninik Rahayu. Rakernas yang juga menjadi arena kongres ini berlangsung pada 30 dan 31 Juli serta Agustus 2024. Mandat sebagai pemimpin sidang diserahkan kepada Makali. Dia juga meminta masukan dan kepastian peserta para rakernas. Bahwa Rakernas SMSI ini juga menjadi Kongres II SMSI 2024.  

"Daripada menunggu 2 bulan atau 3 bulan. Karena peserta rakernas sudah sepakat diperluas menjadi kongres ya dikondisikan saja,” ungkap Ketua SMSI Sumsel Jhon Heri.

Ketua SMSI Jatim Makin Rahmat mengatakan, peserta tetap mengacu pada AD/ART dan PD/PRT SMSI serta sesuai regulasi. Hampir seluruh peserta memutuskan Firdaus terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum SMSI) dalam kongres yang digelar setelah Rakernas SMSI.

Terpilihnya Firdaus secara aklamasi mendapat dukungan penuh seluruh anggota SMSI. Itu mencerminkan kepercayaan yang tinggi kepada kepemimpinan Firdaus selama ini. Dia dinilai telah menunjukkan komitmen dan dedikasi dalam memajukan organisasi serta meningkatkan profesionalisme media siber di Indonesia.

Dalam pidatonya, Firdaus mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh anggota SMSI atas kepercayaan yang diberikan. Dia juga menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan kepentingan media siber serta meningkatkan kualitas dan integritas jurnalisme di Indonesia.

"Saya berharap, SMSI ke depan tetap mengutamakan kebersamaan dan kekompakan untuk memajukan organisasi. Salah satunya, membentuk presidium sehingga bukan personal, tapi soliditas tim," tandasnya.

Firdaus berencana melanjutkan program-program strategis yang telah dirintis sebelumnya. Juga menginisiasi berbagai inovasi untuk menghadapi tantangan di era digital. Di antaranya, mengupayakan anggota, khususnya pengurus provinsi yang telah lolos UKW Utama, agar bisa meningkatkan profesionalitas dengan ikut ToT.

Kongres SMSI 2024 diharapkan menjadi momentum bagi media siber di Indonesia agar semakin solid dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai pilar keempat demokrasi. Dukungan penuh dari anggota dan berbagai pihak diharapkan mampu memperkuat posisi SMSI dalam industri media nasional. (*)

Tombol Google News

Tags:

Serikat Media Siber Indonesia SMSI Kongres SMSI Rakernas SMSI